Cara memperbaiki File Sistem Windows yang Rusak dengan System File Checker (SFC) scannow

24 Juni 2022

Beranda » Blog » Windows » Troubleshooting » Cara memperbaiki File Sistem Windows yang Rusak dengan System File Checker (SFC) scannow

System File Checker (SFC) adalah utilitas Windows untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan File Sistem.

File sistem adalah kumpulan struktur data, antarmuka, abstraksi, dan API yang bekerja sama untuk mengelola data pada disk penyimpanan (HDD) dan bagaimana data tersebut akan disimpan, diakses, dan dikelola secara konsisten.

Jika file sistem mengalami kerusakan akan menyebabkan masalah pada Windows. Kerusakan ini pada umumnya berhubungan dengan disk penyimpanan yang dapat disebabkan oleh file yang rusak, sektor buruk, kerusakan integritas disk, kebijakan eksekusi file, dan lain-lain. Dengan kondisi seperti ini, mungkin anda akan mengalami ada beberapa file yang tidak bisa anda buka atau anda akses.

TOP TUTORIALS:  Windows 11 bypass TPM dan CPU

Pemicu kerusakan file sistem banyak sekali penyebabnya. Seperti mematikan paksa PC ketika Windows sedang melakukan update sistem. BSoD atau “Blue Screen” juga bisa menyebabkan file sistem rusak.

Apapun penyebab kerusakan file sistem, Windows telah menyediakan utilitas untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Anda bisa menggunakan System File Checker (SFC) untuk memulihkan file sistem yang hilang atau rusak dengan pengganti yang berfungsi.

Artikel berikut ini dapat anda gunakan sebagai panduan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Memperbaiki kerusakan File sistem Windows

  1. Buka Command Prompt (CMD) dan jalankan sebagai Administrator. Anda bisa membukanya melalui menu pencarian Windows dengan mengetikkan “cmd” dan kemudian memilih “Run as administrator”.
TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fullscreen Optimizations di Windows 11
open cmd admin
  1. Kemudian ijinkan aplikasi untuk membuat perubahan pada perangkat Anda dengan klik tombol “Yes” pada jendela konfirmasi. Selanjutnya jendela Command Prompt akan muncul, dan Anda dapat mulai mengetikkan perintah Anda.
  2. Langkah berikutnya adalah anda ketikkan perintah “sfc /scannow” dan tekan tombol Enter pada keyboard untuk menjalankan System File Checker (SFC).
sfc scannow
  1. Setelah proses selesai, restart PC anda.

Pada proses tersebut, perbaikan file sistem akan menghasilkan beberapa kemungkinan:

  • Windows tidak menemukan pelanggaran integritas yang berarti tidak ada kerusakan pada file sistem.
  • Perlindungan Sumber Daya Windows menemukan file yang rusak dan berhasil memperbaikinya.
  • Perlindungan Sumber Daya Windows menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa atau semua kerusakan tersebut. Jika Anda mendapatkan pesan ini jalankan DISM seperti yang dijelaskan di bawah ini.
TOP TUTORIALS:  Cara rename file Windows secara massal

Memperbaiki image Windows dengan DISM

Jika System File Checker (SFC) tidak berhasil memperbaiki sebagian kerusakan, anda bisa mencoba untuk memperbaikinya denegan DISM.

  1. Buka kembali Command Prompt (CMD) dan jalankan sebagai Administrator.
  2. Kemudian jalankan perintah berikut ini.
Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  1. Setelah proses DISM tersebut selesai, reboot PC Anda

0 Komentar

Kirim Komentar