Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Enkripsi BitLocker di Windows

23 Juni 2022

BitLocker Drive Encryption adalah alat keamanan data yang mengenkripsi disk Anda untuk membantu menjaga keamanan data Anda.

Fitur BitLocker akan memberikan perlindungan yang maksimal saat anda gunakan dengan Trusted Platform Module (TPM) versi 1.2 atau yang lebih baru.

TPM adalah komponen perangkat keras yang bekerja sama dengan BitLocker untuk membantu melindungi data pengguna dan memastikan bahwa komputer tidak dirusak saat sistem sedang  offline.

Apakah aman untuk menonaktifkan BitLocker?

Jika anda menonaktifkan enkripsi BitLocker akan membuat data anda lebih mudah untuk diakses oleh orang lain. Dalam keadaan enkripsi BitLocker mati, data anda akan dengan mudah terbaca dengan menggunakan sistem operasi lain. Seseorang yang bermaksud untuk mencuri data anda bisa menggunakan aplikasi Live CD seperti Hiren’s BootCD PE. Dengan menjalankan Hiren melalui USB Flash drive atau CD-Rom semua data anda akan bisa disalin dengan mudah.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan God Mode di Windows 11

Ketika anda terhubung ke internet, BitLocker tidak bisa melindungi anda dari peretas yang mencuri data anda. Hal ini terjadi karena ketika anda menghidupkan PC, data anda telah didekripsi agar sistem bisa membacanya. Untuk melindungi anda dari peretas ketika anda sedang terhubung dengan internet, anda bisa menggunakan Firewall dan Antivirus.

Mengaktifkan enkripsi BitLocker di Windows 11

Untuk mengaktifkan enkripsi BitLocker pada Windows 11, anda bisa mengikuti panduan berikut ini. Cara yang sama bisa anda lakukan juga pada Windows 10.

  1. Pada menu pencarian Windows ketikkan “bitlocker”. Kemudian pilih “Manage BitLocker”.
TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Live Captions di Windows 11
open bitlocker
  1. Kemudian pada jendela “BitLocker Driver Encryption” pilih drive yang akan anda Enkripsi. Dan selanjutnya klik tombol “Turn on BitLocker” dan ikuti semua instruksinya.
turn on bitlocker

Simpan “Recovery key” pada tempat yang aman. Anda akan membutuhkan key ini untuk memulihkan data jika Windows anda suatu saat mengalami masalah.

Menonaktifkan enkripsi BitLocker di Windows 11

Untuk menonaktifkan enkripsi BitLocker, buka kembali “Manage BitLocker”. Kemudian pilih dan klik “Turn off BitLocker”. Pada jendela konfirmasi yang muncul, klik tombol “Turn off BitLocker”.

TOP TUTORIALS:  Cara Instal Microsoft PowerToys pada Windows
turn off bitlocker