Cara Menguji Artefak pada VGA/GPU

16 Juni 2022

Setiap efek tampilan pada layar yang tidak sempurna karena adanya kerusakan pada kartu grafis atau pengaturan yang bermasalah dapat disebut artefak GPU.

Artefak pada GPU/VGA dapat muncul dalam berbagai bentuk. Kadang kala artefak hampir tidak terlihat saat anda bermain dan tidak mempengaruhi cara permainan. Pada kondisi yang lebih parah, artefak akan menjadi sangat mengganggu.

Secara visual kemunculan artefak dapat anda lihat pada layar monitor seperti:

  • Adanya garis yang tidak serasi yang berwarna merah, kuning atau lainnya.
  • Tekstur yang terlihat aneh dan tidak pada tempatnya.
  • Percikan warna yang berbeda secara tiba-tiba.
  • Layar berwarna kusam dan buram.
  • Muncul gambar seperti arsiran yang memenuhi layar.
  • Gambar pada layar abstrak dan tidak jelas.
  • Muncul gambar kotak-kotak.
TOP TUTORIALS:  Cara Sharing Printer di Windows 11, Windows 10 dan Windows 7
gpu artifact

Penyebab munculnya artifak ini bisa karena pengaturan pada VGA yang tidak sesuai atau karena adanya kerusakan pada komponen VGA tersebut. Artifak juga bisa muncul karena temperatur VGA yang terlalu tinggi, seperti akibat matinya kipas, sehingga udara panas tidak tersalurkan keluar.

Cara Menguji kesehatan VGA/GPU

Salah satu cara paling efektif untuk menguji VGA/GPU adalah memberi beban sampai titik maksimal dari perangkat tersebut. Dengan memberi beban maksimal pada periode tertentu dan mengukur kinerjanya apakah masih sesuai dengan standar yang seharusnya, anda akan mengetahui apakah VGA/GPU tersebut dalam kondisi sehat atau sudah ada kerusakan walaupun secara visual belum terlihat dengan jelas.

TOP TUTORIALS:  Tutorial Lengkap, Cara Sharing Printer di Windows

Untuk melakukan pekerjaan tersebut, anda bisa menggunakan utilitas seperti “MSI Kombustor” atau “OCCT”.

MSI Kombustor

MSIKombustor adalah utilitas benchmarking untuk menguji batas kartu grafis Anda dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan informasi tentang GPU Anda.

Utilitas ini bekerja dengan cara memberi beban pada GPU dan menganalisis kinerjanya selama proses pengujian berlangsung. Kemudian ketika proses telah selesai, akan memberi Anda informasi terperinci hasil pengujian.

Berapa lama Anda harus menjalankan Kombustor? Normalnya anda bisa menguji GPU mulai dari 30 menit sampai dengan 2 jam. Pengujian yang terlalu cepat mungkin tidak akan memberikan hasil yang akurat, sedangkan pengujian yang terlalu lama akan beresiko menyebabkan kerusakan pada GPU anda.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan Ransomware Protection di Windows Defender

Download MSIKombustor

OCCT

Sebagai utilitas benchmarking OCCT dapat menguji setiap komponen PC Anda menggunakan 6 pengujian yang kuat dan efisien! CPU, Memori, GPU, VRAM, Catu daya, setiap komponen penting dapat diuji.

Dengan utilitas ini, anda dapat menyetel ambang batas suhu maksimum  untuk melindungi komponen PC dari panas berlebih.

OCCT juga mampu menguji GPU tanpa tampilan, seperti pada cryptomining. Anda juga dapat membatasi beban uji 3D agar tetap di bawah batas GPU Anda.

Hal paling menarik dari OCCT adalah aplikasi tersedia dalam versi portable, jadi anda tidak perlu menginstalnya. Anda bisa menjalankan file tersebut melalui desktop PC anda, USB flash disk, atau folder jaringan.

Download OCCT