Cara Mengecek Kesehatan dan Kinerja SSD dengan Akurat

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, SSD (Solid-State Drive) hadir untuk menggantikan HDD (Hard Disk Drives) sebagai media penyimpanan yang menawarkan peningkatan kinerja, konsumsi baterai yang rendah dan kecepatan baca tulis yang lebih baik.

Salah satu kekurangan paling mencolok dari SSD adalah harganya yang lebih mahal dan usia pakai yang lebih pendek dari HDD. Penggunaan SSD yang terus menerus juga akan berdampak pada menurunnya kesehatan dan kinerja.

SSD biasanya berisi sistem operasi seperti Windows, Linux atau yang lainnya. Dengan kecepatan baca tulis yang tinggi dari SSD, anda akan merasakan peningkatan kinerja dari PC yang anda gunakan. Mungkin anda akan bertanya-tanya, apakah SSD yang saya gunakan kondisinya masih baik-baik saja. Apakah tidak terlalu panas atau bekerja berlebihan. Sayangnya, sistem operasi seperti Windows tidak menyediakan alat bawaan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kinerja SSD.

TOP TUTORIALS:  Cara Membuat onClickListener pada Drawable EditText

Jika Anda ingin melacak kesehatan dan kinerja SSD, Anda harus menggunakan utilitas Pemeriksaan Kesehatan SSD Terbaik. Utilitas yang bagus akan membantu Anda mengetahui kesehatan dan kinerja Drive SSD saat ini. Utilitas yang bagus harus memiliki fitur S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Report Technology), dapat mengukur nilai dari atribut SSD, kinerja, dan kesehatan SSD secara keseluruhan.

Utilitas Terbaik Untuk Memeriksa Kesehatan Dan Kinerja SSD

Ingin melihat sekilas Status Kesehatan SSD Anda? Gunakan utilitas SSD berikut yang dirancang untuk OS Windows.

TOP TUTORIALS:  Mengunci Windows 11 PC secara Otomatis setelah tidak ada aktivitas

1. CrystalDiskInfo (Free)

Salah satu utilitas yang paling terkenal untuk memeriksa SSD saat ini adalah CrystalDiskInfo. Aplikasi ini bekerja secara efisien untuk memantau kesehatan SSD, memeriksa suhu, kecepatan baca/tulis, mendeteksi potensi kesalahan.

CrystalDisklnfo mendukung beberapa jenis koneksi USB, Intel RAID, dan NVMe. Jika sesuatu yang abnormal terdeteksi selama proses pemeriksaan akan memberi tahu Anda melalui pesan teks atau suara, dan mendukung HDD dan SSD. Selain informasi seperti nomor model, volume, ukuran buffer, juga memiliki fitur S.M.A.R.T. informasi seperti berapa kali daya dihidupkan, lama waktu penggunaan, dan suhu untuk memantau keadaan disk.

TOP TUTORIALS:  Cara Membuat Virtual CD/DVD di Windows dengan TotalMounter
crydtal-disk-info

Download CrystalDisklnfo

2. Hard Disk Sentinel

Hard Disk Sentinel berjalan di latar belakang dan memverifikasi status kesehatan SSD / HDD dengan memeriksa status SMART disk. Jika kesalahan ditemukan atau perilaku tak terduga terdeteksi, akan memperingatkan pengguna tentang kondisi saat ini dan juga dapat melakukan tindakan yang sesuai (misalnya, memulai pencadangan otomatis).

Teknologi pemantauan SMART dapat memprediksi kegagalan HDD dengan memeriksa nilai kritis drive disk. Hard Disk Sentinel mendeteksi dan melaporkan setiap masalah disk. Hal ini adalah cara yang lebih canggih untuk memprediksi kegagalan daripada metode “tradisional”: memeriksa S.M.A.R.T. ambang batas dan nilai atribut saja.

hdsentinel

Download Hard Disk Sentinel