Cara Mencari File pada Semua Komputer di Jaringan LAN

15 Maret 2022

Home » Blog » Network » Cara Mencari File pada Semua Komputer di Jaringan LAN

Dengan menggunakan File Explorer pada , anda bisa mencari file dengan mudah. Hanya tinggal anda ketikkan kata kunci file tersebut dan klik tombol cari, akan tampil semua file yang sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.

Anda juga bisa mencari file dari komputer lain dengan menggunakan File Explorer. Cukup anda arahkan ke komputer tujuan dan kemudian arahkan ke folder bersama. Kemudian masukkan kata kunci nama file dan klik tombol cari.

Cara tersebut cukup efektif, jika anda mencari file pada komputer tertentu. Jika anda ingin mencari file pada semua komputer di dalam jaringan lokal anda, cara tersebut menjadi tidak efektif. Anda bayangkan, bagaimana jika anda harus mencari pada ratusan komputer dalam jaringan.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengetahui Proses yang Menggunakan Listening Port TCP dan UDP Windows 11

Untuk mencari file dalam sebuah jaringan lokal, anda bisa menggunakan gratis yang banyak tersedia di internet. Beberapa gratis yang cukup baik untuk melakukan pekerjaan tersebut dapat anda lihat pada penjelasan berikut.

1. Softperfect LAN Search Pro

LAN Search Pro dari Softperfect adalah utilitas gratis yang dapat anda gunakan untuk mencari file di seluruh jaringan lokal Anda. Anda dapat mencari berdasarkan nama atau file. Dengan LAN Search Pro memungkinkan Anda mencari di sumber daya jaringan tersembunyi, sumber daya akses terbatas, subnet IP, server FTP LAN, dan banyak lagi. Anda bisa menyimpan password login untuk mengakses sumber daya dengan akses terbatas.

TOP TUTORIALS:  File Sharing – NTFS Permissions vs Share Permissions

Selain itu, Anda dapat menyalin, memindahkan, atau mengganti nama file. Dan anda juga dapat melakukan penyortiran hasil, pemfilteran, ekspor, pencarian di dalam hasil, dan fungsi lainnya.

lan-search-pro

Sumber:  www.softperfect.com

2. Softperfect Network Search Engine

Engine bekerja cara menjadikan salah satu komputer dalam jaringan LAN sebagai server. Kemudian Engine akan melakukan mengindeks semua file bersama dalam jaringan dan menyimpanya dalam database.

Untuk mengaksesnya anda bisa membuka dengan menggunakan dari komputer manapun. Dengan alamat URL sesuai dengan IP dari komputer yang menjadi server.

TOP TUTORIALS:  Cara memperpanjang masa trial software berbayar

Fitur utama dari Engine

  • Mengindeks semua folder bersama yang tersedia atau hanya yang Anda pilih.
  • Hanya mengindeks nama file dan nama folder (tidak ada konten file).
  • Menyediakan database yang dapat dicari dengan kecepatan tinggi.
  • Dapat diakses melalui antarmuka web dan klien .
  • Mode perayapan terjadwal lengkap dan bertahap.
  • Basis data dan server web bawaan dengan kemampuan untuk menggunakan server web pihak ketiga.
network-search-engine

Sumber:  www.softperfect.com

0 Komentar

Kirim Komentar