Menguji Kemampuan Jaringan LAN dengan Network Stress Tool

Menguji kemampuan jaringan akan membantu anda memahami batas maksimal lalu lintas data yang mungkin anda capai. Kemampuan jaringan sangat dipengaruhi oleh topologi jaringan dan perangkat keras yang anda gunakan. Dengan melakukan pengujian, anda akan mengetahui kelemahan dan kekurangannya. Sehingga anda dapat mempersiapkan rencana yang mungkin timbul pada masa depan seperti serangan DDOS dan lainnya.

Pengujian jaringan dapat anda lakukan dengan membanjiri infrastruktur jaringan dengan lalu lintas data, seperti yang terjadi pada serangan DDOS. Kemudian anda dapat mengukur volume lalu lintas data yang mampu jaringan anda tangani sebelum jaringan lumpuh secara total. Dan anda juga bisa menganalisa pada titik-titik jaringan yang mengalami Bottleneck.

Pada sisi lain, banjir lalu lintas data tidak selalu membahayakan. Seperti ketika anda mengelola situs web atau layanan yang sedang viral atau kampanye pemasaran yang sukses, tentunya lalu lintas yang menuju jaringan anda akan meningkat volumenya. Jika pada kondisi ini jaringan anda bermasalah, anda akan kehilangan banyak pengunjung situs atau pelanggan. Sebelum semua itu terjadi, anda harus tahu kemampuan jaringan anda dalam menangani keadaan seperti ini.

TOP TUTORIALS:  [yii2] Cara Mengubah Filter GridView dari GET ke POST

Beberapa kemungkinan penyelesaian masalah yang dapat anda lakukan adalah mendesain ulang topologi jaringan atau mengganti perangkat keras dengan yang lebih baik.

Kali ini Bardimin merangkum beberapa tool yang cukup baik yang bisa anda gunakan untuk pengujian jaringan LAN anda.

1. SolarWinds WAN Killer Network Traffic Generator

WAN Killer merupakan bagian dari SolarWinds Engineering Toolset. Dengan tool ini anda dapat memberikan beban pada jaringan dengan mengirimkan paket dan mengukur kinerja perangkat keras jika terjadi lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba atau ekstrem.

TOP TUTORIALS:  Cara Menjalankan Aplikasi Dengan Prioritas Tinggi di Windows

Anda juga dapat mensimulasikan lalu lintas, mengatur port dan protokol seperti pada kondisi yang sesungguhnya. Dan Anda dapat memilih ukuran paket, port, dan bandwidth, dan menghasilkan data yang setara dengan persentase apa pun dari bandwidth sirkuit itu. Anda bahkan dapat mengkonfigurasi perangkat target, sehingga perangkat tersebut merespons permintaan, memungkinkan Anda menggunakan protokol gema TCP atau UDP.

solarwind-wan-killer

Sumber: solarwinds.com

2. TRex – Cisco

Trex-Cisco adalah open source generator lalu lintas untuk menguji jaringan. TRex menggabungkan set fitur stateful dan set fitur stateless. Kumpulan fitur stateful mencakup dukungan untuk antarmuka DPDK.

Fungsionalitas TRex Stateless mencakup dukungan untuk beberapa aliran, kemampuan untuk mengubah bidang paket apa pun dan menyediakan statistik per aliran/grup, latensi, dan jitter. Stateful Lanjutan mencakup dukungan untuk meniru lalu lintas L7 dengan dukungan TCP/UDP yang dapat diskalakan berfitur lengkap.

TOP TUTORIALS:  Mengenal VLAN dalam Jaringan

Fungsionalitas Emulasi TRex mencakup protokol sisi klien yaitu ARP, IPv6, ND, MLD, IGMP, ICMP, DOT1X, DCHPv4, DHCPv6, DNS untuk mensimulasikan skala klien dan server.

TRex dapat meningkatkan skala hingga 200 Gb/dtk dengan satu server.

Trex-Cisco adalah alat yang baik untuk benchmarking dan stress testing NAT, firewall, IPS, load balancer, dan perangkat cache jaringan, menawarkan aliran konkuren tak terbatas. Masalah utama dengan TRex adalah tidak menawarkan dukungan untuk plugin emulasi perutean, seperti BGP, ISIS, dan RIP.

trex-cisco

Sumber: trex-tgn.cisco.com