Cara memperbaiki masalah suara atau audio di Windows 10/11

29 Desember 2022

Home » Blog » Windows » Troubleshooting » Cara memperbaiki masalah suara atau audio di Windows 10/11

Apakah Anda memiliki masalah dengan audio di komputer 10/11 Anda? Cukup merepotkan jika tidak ada suara di komputer Anda.

Terlepas dari semua kelebihannya, terkadang berperilaku aneh, seperti saat audio tiba-tiba berhenti bekerja. Meskipun masalah suara terkadang dapat disebabkan oleh masalah perangkat keras, perangkat lunak adalah penyebab masalah paling umum.

Misalnya, pembaruan signifikan untuk 10/11 mungkin memperkenalkan sejumlah fitur baru serta potensi masalah. Patch versi terbaru mungkin tidak berfungsi dengan kartu suara Anda atau perangkat lunak yang dibuat oleh pembuatnya.

earphone

Jika Anda tidak dapat mendengarkan suara di /11, Anda dapat mencoba teknik pemecahan masalah dasar berikut ini.

TOP TUTORIALS:  Cara Instal Chrome OS di Mesin Virtual VMWare

Periksa perangkat keras

  • Periksa konektor speaker dan headphone Anda apakah ada kabel yang longgar atau jack yang salah.
  • Pastikan semua kabel dan kabel dimasukkan ke jack yang benar jika Anda memiliki banyak jack 5mm untuk dihubungkan, terutama jika Anda memiliki sistem suara surround. Beberapa sistem memiliki colokan output hijau dan colokan input mik merah muda, sementara yang lain diberi label “headphone” atau “mikrofon”.
  • Periksa pengaturan daya dan volume Anda, dan coba nyalakan semua kontrol volume.
  • Beberapa speaker dan memiliki kontrol volumenya sendiri, yang mungkin perlu Anda verifikasi.
  • Coba hubungkan melalui port USB yang berbeda.
  • Selain itu, perlu diingat bahwa saat Anda menyambungkan headphone, kemungkinan besar speaker Anda tidak akan berfungsi.

Periksa driver audio

audio mungkin menjadi penyebab utama masalah audio di sebagian besar masalah. Periksa driver audio pada “ >> Sound, video and game controllers”.

TOP TUTORIALS:  Baris Perintah yang Sering Digunakan di Windows

yang sudah tua atau rusak dapat menimbulkan masalah perangkat keras. Update audio Anda.

Jika gagal, coba hapus driver audio (itu akan menginstal ulang secara otomatis). Jika masih gagal, coba driver audio generik yang disertakan dengan Windows.

Dan jika Anda mengalami masalah audio setelah menginstal pembaruan, pertimbangkan untuk mengembalikan driver audio Anda.

Manfaatkan audio troubleshooter

Jika tidak ada metode berikut yang berhasil, gunakan audio troubleshooter. Menjalankan audio troubleshooter di “ >> System >> Troubleshoot >> Other troubleshooters“ mungkin dapat menyelesaikan masalah Anda secara otomatis.

Setel default perangkat audio playback

Jika Anda menggunakan USB atau HDMI untuk menyambungkan ke perangkat audio, seperti headphone atau speaker, Anda mungkin perlu menetapkan perangkat tersebut sebagai perangkat audio default.

TOP TUTORIALS:  Cara memperpanjang masa trial software berbayar

Jika Anda menggunakan monitor eksternal tanpa speaker internal, pastikan monitor tersebut belum disetel sebagai perangkat output default Anda. Jika ya, tidak akan ada audio. Saat Anda menyetel perangkat audio keluaran default, Anda dapat memverifikasi ini.

Matikan Audio Enhancements

Masalah audio mungkin terjadi saat Audio Enhancements diaktifkan. Menonaktifkannya dapat memperbaiki masalah Anda.

Anda dapat mengaturnya pada “ >> Sound >> Playback >> Properties >> Advanced”.

Coba berbagai format audio

memungkinkan anda mengubah beberapa format audio yang kompatibel. Buka “ >> Sound >> Playback >> Properties >> Advanced” untuk mencoba format audio 16 atau 24 bit.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar