Cara tes dan memperbaiki dead pixel monitor

9 Desember 2021

Home » Blog » Teknik » Cara tes dan memperbaiki dead pixel monitor

Layar monitor datu LED tersusun dari pixel-pixel sebagai element terkecil dari sebuah gambar digital. Jika salah satu dari pixel tersebut tidak berfungsi dengan baik, akan tampak seperti sebuah titik.

Pixel yang tidak berfungsi dengan baik tersebut kita kenal dengan istilah “” atau “”.

dead pixel 02

Sedangkan pixel pada layar monitor tersusun dari tiga subpixel RGB (merah, hijau, biru) untuk menampilkan warna.

Jika salah satu dari subpixel RGB tersebut ada yang mati, maka disebut “”.

TOP TUTORIALS:  Hard Disk Sentinel Portable 6.01 - Penguji Kesehatan HDD dan SSD

Dan jika tiga subpixel RGB tersebut semuanya mati, disebut “”, yang biasanya akan tampak seperti titik hitam.

Cara tes dead pixel

Sebelum memulai tes sebaiknya layar monitor dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain yang lembut dan menggunakan cairan pembersih /LED. Agar anda nantinya tidak bingung membedakan titik hitam karena kotoran atau memang dead pixel.

Untuk melihat dead pixel, sebenarnya bisa dengan cara membuat background pada layar dengan warna putih, hitam, merah, kuning dan biru. Dengan mengubah-ubah warna background tersebut amati layar apakah ada titik yang berwarna hitam atau tampak titik yang tidak berwarna sama dengan background.

TOP TUTORIALS:  Cara Menjalankan Aplikasi Dengan Prioritas Tinggi di Windows

Cara yang lebih mudah untuk melakukan tes dead pixel dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi dari website “Dead-pixel check” pada “https://lcdtech.info/en/tests/dead.pixel.htm”.

dead pixel 01

Selanjutnya anda tinggal klik tombol “Start test” dan untuk mengubah warna background tinggal anda klik pada sembarang titik di layar monitor.

Untuk kembali ke halaman utama, tinggal anda tekan tombol “esc” pada keyboard.

Cara memperbaiki dead pixel

Pada umumnya dead pixel tidak bisa diperbaiki. Sedangkan pada masih ada kemungkinan untuk diperbaiki. Cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki adalah dengan melakukan flash pixel dengan banyak warna. Beberapa tool yang bisa coba adalah sebagai berikut:

TOP TUTORIALS:  [Open With ++] Cara Mudah Membuat Context Menu Kustom di File Explorer Windows

1. JScreenFix

JScreenFix adalah versi web. Untuk menggunakan ini, anda tidak perlu download atau menginstalnya. Cukup anda klik tombol “Launch JScreenFix” dan biarkan bekerja sampai selesai.

2. UDPixel

UDPixel adalah aplikasi untuk membantu menemukan dan memperbaiki piksel mati layar yang berjalan pada OS . Untuk memperbaiki stuck pixel, anda harus menjalankan aplikasi ini selama beberapa jam.

3. PixelHealer

PixelHealer melakukan flash kombinasi hitam, putih, semua warna dasar, dan warna khusus. Anda dapat mengatur interval flashing dan mengatur timer untuk menutup aplikasi secara otomatis.

Artikel Terkait 

0 Komentar