Cara Memperbaiki Hardware dari Kode Error Device Manager Windows 11

10 Juli 2022

Home » Blog » Windows » Troubleshooting » Cara Memperbaiki Hardware dari Kode Error Device Manager Windows 11

Hardware dari PC anda tidak bekerja? Berikut ini yang muncul pada dan dan cara menyelesaikan masalahnya.

Sistem operasi Microsoft memiliki bawaan yang bernama “Device Manager”. Melalui ini, pengguna dapat melihat dan mengontrol perangkat keras komputer. Ketika sebuah perangkat keras gagal berfungsi dengan benar, perangkat keras akan disorot untuk ditangani oleh pengguna.

Cara memeriksa status hardware menggunakan Device Manager

  1. Buka “Device Manager”.  Anda bisa membukanya melalui Start Menu dan pada kotak pencarian ketikkan “”.
  2. Kemudian arahkan ke hardware yang ingin anda cek statusnya. Kemudian klik untuk memperluas dan klik kanan pada hardware. Selanjutnya pilih “Properties” pada opsi yang tersedia.
  3. Pada tab “General” dari jendela Properties hardware, lihat pada bagian “Device status”. Jika hardware anda bermasalah, pada bagian ini akan menampilkan error code.
device manager

Kode Error hardware di Device Manager dan cara memperbaikinya

Kode Error 1

Penyebab: Perangkat tidak memiliki yang terinstal di komputer Anda, atau tidak dikonfigurasi dengan benar.

Penyelesaian: Instal atau update driver perangkat.

Kode Error 3

Penyebab: Driver perangkat mungkin rusak, atau Anda kehabisan memori, sistem kehabisan memori sistem dan mungkin perlu mengosongkan atau menambahkan lebih banyak memori.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat dan atau tambahkan memori jika kurang.

Kode Error 9

Penyebab: ID perangkat yang tidak valid untuk perangkat keras Anda telah terdeteksi oleh PC Anda.

Penyelesaian: Hubungi vendor perangkat keras. Perangkat keras atau driver rusak.

Kode Error 10

Penyebab: Biasanya, kunci perangkat keras perangkat berisi nilai “FailReasonString”, dan string nilai menampilkan pesan kesalahan yang ditentukan oleh produsen perangkat keras. Jika kunci perangkat keras tidak berisi nilai “FailReasonString”, pesan di atas akan ditampilkan.

TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Menghapus Bloatware Dari Windows 10 (100% Berhasil)

Penyelesaian: Update driver perangkat.

Kode Error 12

Penyebab: Kesalahan ini dapat terjadi jika dua perangkat yang diinstal di komputer Anda telah diberi port I/O yang sama, interupsi yang sama, atau saluran Direct Memory Access yang sama (oleh BIOS, sistem operasi, atau keduanya). Pesan kesalahan ini juga dapat muncul jika BIOS tidak mengalokasikan sumber daya yang cukup ke perangkat.

Penyelesaian: Ubah pengaturan I/O di BIOS.

Kode Error 14

Penyebab: –

Penyelesaian: Restart komputer anda.

Kode Error 16

Penyebab: Perangkat hanya dikonfigurasi sebagian dan mungkin memerlukan konfigurasi manual tambahan dari sumber daya yang diperlukan perangkat.

Penyelesaian: Ubah Resource setting perangkat. Hubungi produsen perangkat.

Kode Error 18

Penyebab: –

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat.

Kode Error 19

Penyebab: Kesalahan ini dapat terjadi jika lebih dari satu layanan ditentukan untuk perangkat, ada kegagalan membuka kunci layanan, atau nama driver tidak dapat diperoleh dari kunci layanan.

Penyelesaian: Uninstall driver dan kemudian Instal ulang.

Kode Error 21

Penyebab: Kesalahan ini berarti bahwa sedang dalam proses menghapus perangkat. Namun, perangkat belum sepenuhnya dihapus. Kode kesalahan ini bersifat sementara, dan hanya ada selama upaya kueri dan kemudian menghapus perangkat.

Penyelesaian: Restart komputer.

Kode Error 22

Penyebab: Perangkat dinonaktifkan oleh pengguna di .

Penyelesaian: Aktifkan perangkat.

Kode Error 24

Penyebab: Perangkat tidak dipasang dengan benar. Masalahnya bisa berupa kegagalan perangkat keras, atau driver baru mungkin diperlukan. Perangkat tetap dalam status ini jika telah disiapkan untuk dihapus. Setelah Anda menghapus perangkat, kesalahan ini hilang.

Penyelesaian: Hapus perangkat, dan kesalahan ini harusnya terselesaikan.

Kode Error 28

Penyebab: driver perangkat tidak terinstal.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual

Kode Error 29

Penyebab: Perangkat ini dinonaktifkan karena firmware perangkat tidak memberikan sumber daya yang diperlukan

Penyelesaian: Aktifkan perangkat di BIOS perangkat. Untuk informasi tentang cara membuat perubahan ini, lihat dokumentasi perangkat keras atau hubungi pabrik komputer Anda.

Kode Error 31

Penyebab: Perangkat ini tidak berfungsi dengan baik karena Windows tidak dapat memuat driver yang diperlukan untuk perangkat ini.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat menggunakan wizard Pembaruan Perangkat Keras

Kode Error 32

Penyebab: Jenis start untuk driver ini diatur ke dinonaktifkan di registri.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 33

Penyebab: Penerjemah yang menentukan jenis sumber daya yang diperlukan oleh perangkat telah gagal.

Penyelesaian: Coba gunakan utilitas pengaturan BIOS, atau perbarui BIOS. Konfigurasi, perbaiki, atau ganti perangkat keras.

Kode Error 34

Penyebab: Windows tidak dapat menentukan pengaturan untuk perangkat ini. Lihat dokumentasi yang disertakan dengan perangkat ini dan gunakan tab Sumber Daya untuk mengatur konfigurasi

TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Cegah Ransomware dan Malware dengan SRP

Penyelesaian: Perangkat memerlukan konfigurasi manual. Lihat dokumentasi perangkat keras atau hubungi vendor perangkat keras untuk petunjuk tentang cara mengkonfigurasi perangkat secara manual. Setelah Anda mengonfigurasi perangkat itu sendiri, Anda dapat menggunakan tab Resources di Device Manager untuk mengonfigurasi pengaturan sumber daya di Windows.

Kode Error 35

Penyebab: Tabel Sistem Multiprosesor (MPS), yang menyimpan penetapan sumber daya untuk BIOS, tidak memiliki entri untuk perangkat Anda dan harus diperbarui.

Penyelesaian: Hubungi pabrikan komputer Anda untuk memperbarui BIOS.

Kode Error 36

Penyebab: Terjemahan permintaan interupsi (IRQ) gagal.

Penyelesaian: Ubah pengaturan untuk reservasi IRQ di BIOS.

Kode Error 37

Penyebab: Pengemudi mengembalikan kegagalan ketika menjalankan rutin DriverEntry.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual

Kode Error 38

Penyebab: Driver tidak dapat dimuat karena instance sebelumnya masih dimuat.

Penyelesaian: Hidupkan Kembali komputer Anda.

Kode Error 39

Penyebab: Windows tidak dapat memuat driver perangkat untuk perangkat keras ini. Driver mungkin rusak atau hilang.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 40

Penyebab: Informasi dalam subkunci layanan registri untuk driver tidak valid.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 41

Penyebab: Masalah ini terjadi jika Anda menginstal driver untuk perangkat non-Plug and Play, tetapi Windows tidak dapat menemukan perangkat tersebut.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 42

Penyebab: Perangkat duplikat terdeteksi. Galat ini terjadi ketika driver bus salah membuat dua sub-proses bernama identik (dikenal sebagai kesalahan sopir bus), atau ketika perangkat dengan nomor seri ditemukan di lokasi baru sebelum dihapus dari lokasi lama.

Penyelesaian: Restart komputer Anda.

Kode Error 43

Penyebab: Salah satu driver yang mengendalikan perangkat memberi tahu sistem operasi bahwa perangkat gagal dalam beberapa cara.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 44

Penyebab: atau layanan telah mematikan perangkat keras ini.

Penyelesaian: Restart komputer Anda.

Kode Error 45

Penyebab: Kesalahan ini terjadi jika perangkat yang sebelumnya terhubung ke komputer tidak lagi terhubung. Untuk mengatasi masalah ini, sambungkan kembali perangkat keras ini ke komputer.

Penyelesaian: Tidak ada resolusi yang diperlukan. Kode kesalahan ini hanya digunakan untuk menunjukkan status perangkat yang terputus dan tidak mengharuskan Anda untuk menyelesaikannya. Kode kesalahan diselesaikan secara otomatis saat Anda menyambungkan perangkat terkait ke komputer.

Kode Error 46

Penyebab: Perangkat tidak tersedia karena sistem dimatikan.

Penyelesaian: Tidak ada resolusi yang diperlukan. Perangkat keras harus bekerja dengan benar saat berikutnya Anda memulai komputer. Kode kesalahan ini hanya ditetapkan ketika Driver Verifier diaktifkan dan semua aplikasi telah dimatikan.

TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Reset Windows Update di Windows 11

Kode Error 47

Penyebab: Kode kesalahan ini hanya terjadi jika Anda menggunakan aplikasi Penghapusan Aman untuk menyiapkan perangkat untuk dihapus, atau menekan tombol pelepas fisik.

Penyelesaian: Cabut perangkat dari komputer, lalu pasang kembali. Nyalakan ulang komputer Anda jika itu tidak menyelesaikan kesalahan.

Kode Error 48

Penyebab: Perangkat lunak untuk perangkat ini telah diblokir dari awal karena diketahui memiliki masalah dengan Windows. Hubungi vendor perangkat keras untuk driver baru.

Penyelesaian: Hubungi pabrik perangkat keras Anda untuk mendapatkan versi terbaru atau driver yang diperbarui. Kemudian, instal di komputer Anda.

Kode Error 49

Penyebab: Sarang sistem telah melampaui ukuran maksimumnya dan perangkat baru tidak dapat berfungsi hingga ukurannya diperkecil. Sarang sistem adalah bagian permanen dari registri yang terkait dengan kumpulan file yang berisi informasi yang terkait dengan konfigurasi komputer tempat sistem operasi diinstal. Item yang dikonfigurasi termasuk aplikasi, preferensi pengguna, perangkat, dan sebagainya. Masalahnya mungkin perangkat tertentu yang tidak lagi terpasang ke komputer tetapi masih terdaftar di kumpulan sistem.

Penyelesaian: Copot pemasangan perangkat keras apa pun yang tidak lagi Anda gunakan.

Kode Error 50

Penyebab: Windows tidak dapat menerapkan semua properti untuk perangkat ini. Properti perangkat dapat mencakup informasi yang menjelaskan kemampuan dan pengaturan perangkat (seperti pengaturan keamanan misalnya). Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mencoba menginstal ulang perangkat ini. Namun, kami menyarankan Anda menghubungi pabrik perangkat keras untuk driver baru.

Penyelesaian: Instal ulang driver perangkat secara manual.

Kode Error 51

Penyebab: Perangkat ini sedang menunggu di perangkat lain atau serangkaian perangkat untuk memulai.

Penyelesaian: Saat ini tidak ada penyelesaian untuk masalah ini. Untuk membantu mendiagnosis masalah, periksa perangkat lain yang gagal di hierarki perangkat yang mungkin bergantung pada perangkat ini. Jika Anda dapat menentukan mengapa perangkat terkait lainnya tidak dapat dijalankan, Anda mungkin dapat mengatasi masalah ini.

Kode Error 52

Penyebab: Driver mungkin tidak ditandatangani atau rusak.

Penyelesaian: Unduh driver terbaru dari situs web produsen perangkat keras, atau hubungi produsen untuk mendapatkan bantuan.

Kode Error 53

Penyebab: Perangkat ini telah dicadangkan untuk digunakan oleh debugger kernel Windows selama sesi booting ini.

Penyelesaian: Nonaktifkan debug kernel Windows untuk memungkinkan perangkat memulai secara normal.

Kode Error 54

Penyebab: Ini adalah kode masalah intermiten yang ditetapkan saat metode ACPI sedang dijalankan. Jika perangkat tidak pernah memulai ulang karena kegagalan, perangkat akan macet dalam status ini dan sistem harus di-boot ulang.

Penyelesaian: Restart komputer anda.

0 Komentar

Kirim Komentar