Gejala dan Tanda-Tanda Awal Memori RAM Komputer Mulai Rusak

16 Januari 2023

Home » Blog » Hardware » Gejala dan Tanda-Tanda Awal Memori RAM Komputer Mulai Rusak

Kegagalan RAM akan menyebabkan komputer Anda bermasalah. Mengenali gejala awal kerusakan RAM akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

RAM () adalah salah satu komponen terpenting komputer yang memungkinkan komputer Anda menyimpan data sementara yang dihapus saat Anda mematikan komputer. Semua data permanen komputer disimpan di hard atau solid state drive.

Selain itu, RAM bertanggung jawab untuk memastikan bahwa program sistem Anda berjalan dengan baik. Dalam istilah awam, RAM menentukan berapa banyak program yang dapat dijalankan oleh sistem Anda dengan baik pada saat tertentu.

Sistem operasi dan browser web merupakan konsumen RAM terbesar, semakin rumit suatu perangkat lunak akan semakin besar RAM yang digunakannya.

RAM dirancang untuk menyediakan akses baca dan tulis cepat ke perangkat penyimpanan. Karena menggunakan daya yang relatif kecil dan tidak memiliki bagian yang bergerak, biasanya lebih tahan lama daripada komponen lain di komputer.

Ram PC

Walaupun memiliki daya tahan yang lama, RAM juga bisa gagal. Sebagian besar PC berisi banyak chip RAM, dan tidak semuanya akan mati pada saat yang bersamaan, sehingga sulit untuk mendiagnosis masalah RAM. Masalah apa pun dapat muncul dengan sendirinya dengan cara yang aneh dan membingungkan sekaligus.

TOP TUTORIALS:  Cara memperbaiki File Sistem Windows yang Rusak dengan System File Checker (SFC) scannow

Tanda-tanda umum kerusakan RAM

  1. Bluescreens ().
  2. Crash atau reboot secara acak.
  3. Grafis terdistorsi atau muncul artefak pada layar komputer.
  4. PC sering Freeze.
  5. Performa PC Menurun.
  6. File Data Rusak.
  7. Jumlah RAM terpasang tidak sesuai dengan yang terbaca.
  8. Bunyi beep saat dinyalakan.

Bluescreens (BSoD)

Masalah terjadi sebagai akibat dari perangkat lunak yang tidak berfungsi atau perangkat keras yang rusak. Ketika Anda menerima masalah setiap kali Anda menjalankan perangkat lunak tertentu, kemungkinan besar disebabkan oleh perangkat lunak, bukan perangkat keras.

Namun, jika sistem Anda sering mogok, terutama saat Anda mencoba menginstal program atau perangkat lunak baru, RAM Anda mungkin rusak.

Jika layar biru muncul dan kemudian teks putih berkedip, RAM kemungkinan besar rusak. Ini adalah tanda peringatan yang sangat menjengkelkan karena teks berkedip sangat cepat sehingga Anda tidak punya waktu untuk membaca pesan kesalahan.

Crash atau reboot secara acak

Saat melakukan pekerjaan, komputer Anda sering melakukan reboot secara acak tanpa pemberitahuan peringatan. Gejala ini belum tentu menunjukkan masalah RAM. Kegagalan hard disk juga dapat mengakibatkan reboot secara acak.

Namun, jika Anda tahu Anda baik-baik saja dan komputer Anda berulang kali restart, terutama setelah masuk , ini merupakan indikasi RAM yang buruk.

Sulit untuk menentukan penyebab spesifik kegagalan komputer karena mungkin ada berbagai penyebab. Namun, jika crash terjadi secara acak dan tanpa peringatan, itu mungkin merupakan indikasi kerusakan RAM. Ini terjadi karena saat RAM mulai rusak, komputer menjadi tidak stabil dan macet.

TOP TUTORIALS:  Tutorial Lengkap, Cara Sharing Printer di Windows

Grafis terdistorsi atau muncul artefak pada layar komputer.

Anda melihat gambar grafis yang terdistorsi atau muncul artefak pada layar, seperti:

  • Adanya garis yang tidak serasi yang berwarna merah, kuning atau lainnya.
  • Tekstur yang terlihat aneh dan tidak pada tempatnya.
  • Percikan warna yang berbeda secara tiba-tiba.
  • Layar berwarna kusam dan buram.
  • Muncul gambar seperti arsiran yang memenuhi layar.
  • Gambar pada layar abstrak dan tidak jelas.
  • Muncul gambar kotak-kotak.

Masalah ini bisa muncul karena kerusakan memori RAM atau memori pada . Jika Anda kondisinya masih bagus, kemungkinan besar masalah ada pada RAM.

PC sering Freeze

Jika komputer Anda mulai membeku lebih sering, ini mungkin merupakan indikasi bahwa RAM Anda menurun.

Keyboard dan Anda mungkin tiba-tiba menjadi tidak responsif. PC juga macet tanpa peringatan apa pun, dan terkadang macet selama beberapa menit, apa pun yang Anda gunakan.

Hal ini dapat terjadi kapan saja, terlepas dari program yang Anda gunakan. Satu-satunya cara untuk menyiasatinya adalah dengan me-restart komputer. Namun, masalah ini mungkin juga akibat dari serangan .

Performa PC Menurun

Jika Anda menemukan bahwa kinerja komputer Anda melambat secara dramatis, itu mungkin karena RAM yang memburuk. Karena RAM lebih cepat dari hard drive komputer Anda, ketika gagal, komputer Anda harus bekerja lebih keras untuk mengambil informasi yang sama, sehingga kinerja menurun.

TOP TUTORIALS:  Apakah Defrag Masih dibutuhkan pada Drive SSD?

Ketika Anda pertama kali mem-boot komputer Anda, Anda akan melihat bahwa itu berjalan dengan lancar. Namun, semakin lama Anda menggunakannya performa PC melambat hingga merangkak.

Tidak selalu RAM yang rusak yang menjadi penyebabnya, perangkat lunak yang bermasalah mungkin juga bisa menjadi penyebabnya. Anda dapat memeriksa pada , dan jika Anda tidak dapat menentukan sumber penurunan kinerja, kesehatan RAM bisa jadi penyebabnya.

File Data Rusak

Jika Anda terus menemukan file yang rusak dan situasinya memburuk dari waktu ke waktu, RAM kemungkinan besar rusak. RAM yang rusak menyebabkan struktur hard drive Anda bermasalah dan sistem gagal boot.

Selain sebagai pengingat untuk sering membuat cadangan, ini juga merupakan indikasi yang jelas bahwa RAM Anda mendekati akhir masa pakainya.

Jumlah RAM terpasang tidak sesuai dengan yang terbaca

Sistem operasi Anda mungkin menampilkan jumlah RAM yang tidak sama dengan fisik RAM terpasang.

Anda bisa mengecek jumlah RAM pada sistem operasi pada

  • Windows, lihat pada System >About.
  • , lihat pada Apple > About This dan pilih tab Overview.

Bunyi beep saat dinyalakan

Anda mungkin mendengar bunyi bip pada saat komputer dinyalakan. Bunyi bip merupakan kode yang mempunyai makna berbeda-beda untuk tiap produsen. Untuk memahami arti bunyi bip, lihat pada buku manualnya.

Pada umumnya, kegagalan RAM akan di diindikasikan dengan bunyi bip yang terus menerus.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar