Cara Menjalankan Dua Perintah Dalam Satu Baris Di Windows CMD

7 Juli 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Menjalankan Dua Perintah Dalam Satu Baris Di Windows CMD

Anda dapat menjalankan beberapa perintah dalam satu baris perintah di (CMD) .

Menggunakan simbol pemrosesan bersyarat, Anda dapat membuat beberapa perintah hanya dengan satu baris perintah atau skrip. Saat Anda menggunakan simbol pemrosesan bersyarat untuk menjalankan beberapa perintah, instruksi di sebelah kanan simbol pemrosesan bersyarat bertindak berdasarkan hasil perintah di sebelah kiri simbol pemrosesan bersyarat.

TOP TUTORIALS:  Cara Cepat Mematikan Narrator di Windows 11

Misalnya, Anda dapat menjalankan perintah hanya jika perintah sebelumnya gagal. Atau, Anda mungkin ingin melakukan perintah hanya jika perintah sebelumnya berhasil.

Menjalankan beberapa perintah dengan karakter “&”

command1 & command2
echo foo & echo bar

Karakter “&” bisa anda gunakan untuk memisahkan beberapa perintah pada satu baris perintah. .exe akan menjalankan perintah pertama, dan kemudian perintah kedua.

Menjalankan beberapa perintah dengan karakter “&&”

command1 && command2
echo foo && echo bar

Dengan menggunakan karakter “&&”, akan menjalankan perintah pertama (command1) terlebih dahulu. Jika perintah pertama berhasil diselesaikan, perintah kedua (command2) baru akan dijalankan.

TOP TUTORIALS:  Gejala dan Tanda-Tanda Awal Memori RAM Komputer Mulai Rusak

Menjalankan beberapa perintah dengan karakter “||”

command1 II command2
echo foo || echo bar

Jika menggunakan karakter “||”, akan menjalankan perintah pertama (command1). Perintah kedua (command2) hanya akan dijalankan jika perintah pertama tidak berhasil diselesaikan (menerima kode kesalahan lebih besar dari nol).

Catatan:

Ampersand (&), pipe (|), dan tanda kurung ( ) adalah karakter khusus yang harus didahului oleh karakter escape (^) atau tanda kutip saat Anda meneruskannya sebagai argumen.

Menambahkan karakter escape “^” sebelum simbol perintah memungkinkannya diperlakukan sebagai teks biasa. Karakter yang biasanya memiliki arti khusus ini dapat diloloskan dan diperlakukan seperti karakter biasa : & \ ^ |

Echo THIS ^& THAT
Echo Heading1 ^| heading2 ^| heading3

Jika sebuah perintah berhasil menyelesaikan operasi, ia mengembalikan kode keluar nol (0) atau tanpa kode keluar. Untuk informasi selengkapnya tentang kode keluar.

TOP TUTORIALS:  Mengecek Spesifikasi Graphic Card (GPU) di Windows 11

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar