Cara Mudah Mengunci PC Windows 11 Secara Otomatis Setelah Tidak Aktif

21 Oktober 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Mudah Mengunci PC Windows 11 Secara Otomatis Setelah Tidak Aktif

Tahukah Anda bahwa 11 dapat mendeteksi dan mengunci sistem Anda setelah beberapa menit tidak aktif?

Keamanan sistem operasi 11 sangat penting karena memungkinkan kita untuk menjaga data sistem dan file pengguna yang penting sambil memastikan integritas dan ketersediaannya. Adalah suatu hal yang umum jika kita meninggalkan komputer menyala, yang memungkinkan pengguna lain untuk mengakses dan memanipulasinya.

Untuk alasan ini, salah satu metode yang terintegrasi 11 untuk proses ini adalah memblokir sistem ketika tidak ada aktivitas yang terdeteksi di dalamnya. Misalnya, Anda dapat mengatur 11 untuk menampilkan layar login setelah 300 detik tidak ada aktivitas.

TOP TUTORIALS:  Cara Menampilkan Hari dan Bulan pada Taskbar Windows 11 Secara Lengkap

Pengaturan ini dapat anda lakukan melalui Local Security Policy atau Editor . Untuk lebih detailnya, ikuti panduan dari Bardimin berikut ini.

Lock Window 11 PC melalui Local Security Policy

  1. Buka “Local Security Policy”. Anda dapat membukanya dengan menggunakan pintasan keyboard (WIN + R) untuk membuka kotak dialog “Run”. Kemudian ketikan “secpol.msc” dan klik tombol OK.
  1. Selanjutnya, arahkan pada “Security >> Local Policies >> Security Options”.
secpol inactivity
  1. Kemudian pada panel sebelah kanan, dobel klik pada “Interactive logon: Machine inactivity limit”.
  2. Ketikan jumlah waktu dalam satuan detik. Waktu ini adalah lama waktu yang diperlukan sebelum Windows mengunci layar secara otomatis setelah mendeteksi tidak ada aktivitas. Misalnya 300 detik.
TOP TUTORIALS:  Cara Menambahkan Highlight dan Spotlight Mouse Pointer di Windows

Lock Window 11 PC melalui Registry Editor

  1. Buka “Windows ”. Anda dapat membukanya dengan menggunakan pintasan keyboard (WIN + R) untuk membuka kotak dialog “Run”. Kemudian ketikan “regedit” dan klik tombol OK.
  2. Selanjutnya, arahkan pada “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System”.
regedit inactivity
  1. Kemudian pada panel sebelah kanan, dobel klik pada “InactivityTimeoutSecs”.
  2. Pilih “Decimal” dan kemudian ubah nilai ”Value data:” ke lama waktu dalam satuan detik, misalnya 300. dan klik tombol OK untuk menyimpannya.
  3. Restart komputer anda.

Jika Anda belum memiliki DWORD InactivityTimeoutSecs, cukup klik kanan atau tahan tombol sambil mengklik ruang kosong di panel kanan tombol Sistem, pilih Baru, pilih Nilai DWORD (32-bit), masukkan InactivityTimeoutSecs sebagai nama, lalu tekan Enter.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar