Cara Menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11 untuk Meningkat Kinerja dan Umur Baterai

12 Januari 2023

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11 untuk Meningkat Kinerja dan Umur Baterai

Menerapkan Mode Efisiensi di 11 secara strategis dapat mengurangi konsumsi energi, meningkatkan umur dan memperbaiki kinerja PC.

Mode Efisiensi adalah fitur baru di 11 untuk membatasi penggunaan sumber daya sistem oleh proses latar belakang yang tidak aktif atau tidak digunakan secara aktif oleh .

Dengan mode ini aktif, pengguna dapat menjalankan program latar belakang dengan prioritas rendah dan menggunakan lebih sedikit sumber daya untuk meningkatkan respons latar depan yang sedang aktif.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Core Isolation Memory Integrity di Windows 11

Biasanya, yang tidak ditutup dan tidak aktif tetapi menganggur di sistem menghabiskan banyak , membuang lebih banyak panas, mempengaruhi masa pakai , dan sebagainya, sehingga mengurangi efisiensi sistem.

Efficiency mode pic

Mode Efisiensi mencoba memecahkan masalah ini dengan menurunkan prioritas dan penggunaan daya dari masing-masing program. Ini juga membantu menemukan aplikasi yang sudah dalam mode efisiensi, seperti , yang diatur untuk beroperasi dalam mode efisiensi secara default.

Cara Menggunakan Mode Efisiensi di Windows 11

  1. Buka “ 11. Anda bisa membukanya dengan tombol pintasan ( + + ESC).
  2. Buka tab “Processes”. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di sistem, yang mungkin aktif atau diam.
  3. Pada kolom “” urutkan aplikasi yang menggunakan CPU tertinggi dengan cara klik judul kolom. Anda dapat melihat aplikasi memiliki banyak proses yang dibuka di sistem.
  4. Pilih dan perluas aplikasi yang akan Anda aktifkan ke Mode Efisiensi.
  5. Klik kanan dan pilih opsi “Efficiency mode”.
  6. Klik tombol OK pada kotak dialog konfirmasi.
  7. Sekarang Anda akan melihat ikon berbentuk daun berwarna hijau muncul di depan aplikasi.
TOP TUTORIALS:  Cara Menambah atau Menghapus Microsoft Print to PDF
Efficiency mode

Anda mungkin melihat bahwa opsi Mode Efisiensi untuk beberapa aplikasi atau proses menjadi berwarna abu-abu dan tidak dapat diaktifkan. Hal ini karena proses tersebut adalah proses inti sistem yang harus menggunakan sumber daya sistem.

Untuk menonaktifkan Mode Efisiensi, hapus tanda cek “Efficiency mode” dengan mengulangi langkah tersebut di atas.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar