Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Core Isolation Memory Integrity di Windows 11

2 November 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Core Isolation Memory Integrity di Windows 11

Akhir-akhir ini, telah terjadi perubahan dalam pola serangan siber. Para peretas jahat memiliki kemampuan untuk membajak PC dan mengunci file dan meminta tebusan uang untuk mengembalikan file tersebut. Hal ini merupakan kejahatan pemerasan kepada korban.

Untuk melakukan kejahatan tersebut, peretas jahat banyak menggunakan Ransomware, seperti WannaCry dan Petya. ini memanfaatkan eksploitasi tingkat kernel untuk meluncurkan dengan hak istimewa tertinggi.

TOP TUTORIALS:  Cara Flush DNS untuk menghapus Cache DNS di Windows 11

Untuk mengatasi ini, Microsoft telah menyediakan utilitas yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan Core Isolation Memory Integrity untuk membatasi serangan semacam ini.

Apa itu Core Isolation Memory Integrity?

Microsoft memiliki fitur keamanan yang disebut “Core Isolation” yang mengisolasi program inti dalam memori untuk melindunginya dari jahat. Core Isolation berjalan pada operasi dasar dalam lingkungan virtual.

Memory Integrity”, terkadang disebut sebagai Hypervisor-protected Code Integrity (HVCI), adalah fitur keamanan yang mempersulit perangkat lunak berbahaya untuk mengendalikan mesin Anda menggunakan tingkat rendah. Ini dimaksudkan untuk menghentikan kode berbahaya agar tidak dimasukkan ke dalam proses selama serangan.

TOP TUTORIALS:  Windows Server Core 2019 – Langkah demi Langkah Instalasi dan Konfigurasi

adalah perangkat lunak yang memungkinkan komunikasi antara sistem operasi dan perangkat, seperti keyboard atau webcam. Memory Integrity bekerja dengan menciptakan lingkungan yang terisolasi menggunakan virtualisasi perangkat keras.

Pembaruan fitur terbaru untuk , yang dikenal sebagai Pembaruan 2022 (), secara default mengaktifkan Core Isolation Memory Integrity.

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Core Isolation Memory Integrity di Windows

  1. Buka “ Security”. Anda bisa membukanya dengan cara klik tombol Start Windows dan kemudian pada kotak pencarian ketikan “windows security”.
TOP TUTORIALS:  Cara Menggunakan Power User Menu untuk Meningkatkan Produktivitas di Windows 11
open windows security
  1. Kemudian arahkan pada “Device security” dan kemudian klik “Core isolation details”.
windows security core isolation
  1. Selanjutnya geser tombol switch “Memory Integrity” ke kanan untuk mengaktifkan dan ke kiri untuk menonaktifkan.
windows security memory integrity
  1. Jika diminta ijin oleh , klik tombol Yes untuk menyetujui.
  2. Kemudian restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar