Apakah Defrag Masih dibutuhkan pada Drive SSD?

27 September 2022

Home » Blog » Windows » Troubleshooting » Apakah Defrag Masih dibutuhkan pada Drive SSD?

Anda tidak boleh mendefrag Anda untuk meningkatkan kinerja karena dapat mempersingkat masa pakai Anda

Defragmentasi adalah prosedur yang meminimalkan tingkat fragmentasi dalam sistem file. Defragmentasi mengatur penyimpanan di komputer Anda dengan menggabungkan file dan data lain yang disimpan di hard drive Anda.

Ketika tidak ada cukup ruang pada disk Anda untuk menyimpan seluruh file di satu tempat, file tersebut dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut fragmen. Defragmentasi menyatukan kembali potongan-potongan itu.

TOP TUTORIALS:  Cara Beralih Antar Jendela Aplikasi yang Terbuka di Windows 11

Sistem file pada drive disk elektromekanis mendapat manfaat dari defragmentasi, seperti pada drive hard disk, drive floppy disk, dan media disk optik.

defrag SSD

Saat membaca file yang terfragmentasi, pergerakan kepala baca/tulis hard drive di atas bagian disk yang berbeda lebih lambat daripada mengakses seluruh konten file yang tidak terfragmentasi secara berurutan tanpa memindahkan kepala baca/tulis untuk mencari bagian tambahan.

Perbedaan antara SSD dan HDD

Hard disk yang berputar adalah penyimpanan non-volatile paling sederhana di komputer. Dalam , penutup berisi serangkaian piringan yang ditutupi oleh lapisan feromagnetik. Arah magnetisasi mewakili bit individu. Data ditulis dan dibaca oleh kepala yang bergerak cepat

TOP TUTORIALS:  Cara Mengganti Nama PC dan Join Domain Windows 10

SSD adalah disk yang menyimpan informasi pada memori flash, yang terdiri dari sel memori individual yang menyimpan bit yang dapat diakses secara instan oleh pengontrol.

Perbedaan utama antara solid state drive (SSD) dan hard () adalah cara data disimpan dan diakses. Untuk mengakses data, menggunakan disk berputar mekanis dan kepala baca/tulis yang bergerak, sedangkan SSD menggunakan chip memori.

Defrag SSD tidak diperlukan

Mendefrag hard konvensional menjaga disk Anda dalam kondisi baik. Defragmentasi reguler dan tugas pemeliharaan lainnya memastikan bahwa komputer Anda berjalan dengan lancar, dan kemungkinan kerusakan pada perangkat keras atau informasi Anda sangat minim, bahkan jika operasi terputus di tengah jalan.

TOP TUTORIALS:  Mengecek Spesifikasi Graphic Card (GPU) di Windows 11

Apakah mendefrag SSD saya? tidak mendefrag SSD, melainkan mengoptimalkan SSD. menonaktifkan defrag, dan melakukan pengoptimalan di latar belakang.

Jika Anda mendefrag SSD, Anda berisiko merusaknya. Mendefragmentasi SSD akan, setidaknya, mempersingkat masa pakainya. SSD dimaksudkan untuk pemeliharaan rendah sambil memberikan kinerja yang unggul.

0 Komentar

Kirim Komentar