Gejala Awal Hard Disk Mulai Rusak yang Perlu Anda Ketahui

11 Januari 2023

Home » Blog » Hardware » Gejala Awal Hard Disk Mulai Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Banyak orang saat ini menyimpan file pribadi di komputer mereka. Namun, setiap memiliki masa hidup yang terbatas dan bisa gagal. Selanjutnya, data mungkin hilang jika gagal.

Masa hidup hard disk mungkin sangat bervariasi, tetapi berbagai kemungkinan kegagalan dapat terjadi kapan saja. memerlukan komponen bergerak agar berfungsi, dan komponen bergerak ini pasti suatu saat akan mengalami kegagalan, baik karena penggunaan normal atau penyalahgunaan fisik.

Umur hard disk pada umumnya tiga tahun, setelah itu tingkat kegagalan akan meningkat pesat. Hal ini dapat terjadi lebih cepat jika drive mengalami perubahan suhu, kelembaban, atau guncangan eksternal.

Indikator awal kerusakan , seperti kinerja yang lebih buruk, semakin banyak sektor yang rusak, atau bahkan suara aneh sering terjadi tanpa Anda sadari. Kegagalan hard disk dapat menjadi bencana karena dapat menghapus semua data di PC.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan Ransomware Protection di Windows Defender
hdd

Pelajari cara menguji dan memeriksa kesehatan hard drive Anda dan lakukan pengujian secara berkala untuk mengetahui kondisinya. Jika kesehatan hard disk sudah mulai menurun tajam, Anda sebaiknya segera membackup semua data penting. Hal ini penting Anda lakukan karena kegagalan hard disk dapat terjadi kapan saja.

Artikel berikut ini akan memberi Anda daftar gejala kegagalan hard drive untuk membuat Anda tetap waspada dan mengajari Anda perlindungan apa yang harus Anda ambil sebelum hard disk Anda rusak.

Tanda-Tanda Awal Kegagalan Hard Disk

A. Komputer sering lambat, Macet, atau BSoD

Jika komputer Anda secara rutin macet dan macet, seperti of Death, masalahnya mungkin ada pada hard drive Anda. Jika masalah ini muncul setelah penginstalan bersih atau dalam Mode Aman , sumber masalahnya kemungkinan besar adalah perangkat keras yang rusak, mungkin hard drive yang rusak.

Ada beberapa penyebab komputer macet, tetapi ini juga menunjukkan bahwa kegagalan hard disk akan segera terjadi. Dalam hal ini, Anda dapat mencadangkan data penting Anda ke hard drive eksternal jika terjadi kegagalan hard disk.

B. Data Rusak dan Banyak Bad Sector

Berikut adalah beberapa indikator kerusakan data. Jika Anda melihat salah satu tanda tersebut, hal itu menunjukkan kegagalan hard disk dapat terjadi kapan saja.

  • Saat Anda membuka, mentransfer, atau menyimpan file, Anda mungkin melihat pesan kesalahan acak.
  • File tidak bisa Anda buka.
  • File/Folder tiba-tiba hilang.
  • Nama file atau folder menjadi campur aduk.
TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Cegah Ransomware dan Malware dengan SRP

Kerusakan data juga bisa dapat disebabkan oleh , atau penumpukan sektor yang rusak pada hard disk Anda.

Bad sector adalah bagian dari hard disk yang tidak mempertahankan integritas data. Sektor buruk secara otomatis disembunyikan oleh , jadi Anda tidak akan melihatnya sampai Anda mengalami masalah dengan data yang rusak. Namun, sektor yang rusak dapat terkumpul dengan cepat pada hard disk yang rusak, jadi Anda akan lebih sering melihat kesalahan ini.

C. Suara Aneh yang Tidak Biasa

Suara tidak biasa yang muncul dari hard drive Anda, seperti bunyi klik keras atau suara berputar pada saat komputer Anda melakukan sedikit aktivitas, menyebabkan kekhawatiran yang serius. Bunyi-bunyi aneh ini umumnya menunjukkan komponen yang rusak di hard drive Anda.

Jika hard drive Anda mulai mengeluarkan suara asing dan aneh, ini biasanya menunjukkan bahwa hard drive Anda dalam bahaya. Anda harus waspada terhadap beberapa suara aneh.

TOP TUTORIALS:  Cara mudah melindungi data dari serangan ransomware

“Death Click” Ini adalah suara berulang yang dibuat oleh kepala yang mencoba menulis data tetapi gagal dan terus mencoba lagi dan lagi. Suara gerinda atau jeritan menunjukkan bahwa komponen fisik, seperti bantalan atau motor spindel, tidak berfungsi.

D. Waktu Akses Folder dan File yang Berlebihan

Waktu tunggu yang lama untuk mengakses folder dan file juga merupakan indikator kegagalan hard drive, karena bagian hard drive yang gagal membutuhkan banyak upaya membaca sebelum akses berhasil. Namun, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai kesulitan komputer yang berbeda, tetapi juga merupakan gejala umum kegagalan hard drive.

Buat Cadangan Sebelum Terlambat

Jangan mengandalkan indikator atau perangkat lunak untuk menentukan apakah hard disk Anda rusak. Lebih rentan gagal secara tiba-tiba tanpa indikasi peringatan.

Alih-alih mencoba meramalkan sesuatu yang tidak dapat diprediksi, Anda harus mengandalkan cadangan.

Penyimpanan cloud dapat menyimpan data cadangan Anda di server jauh yang aman. Jika hard drive Anda gagal, layanan pemulihan hard drive tersedia untuk membantu Anda mendapatkan kembali informasi penting Anda.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar