Ubah Aksi ketika Menutup Lid Laptop Windows 11

17 Agustus 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Ubah Aksi ketika Menutup Lid Laptop Windows 11

Ketika anda menutup , sistem akan mendeteksinya dan memberikan respon.

11, secara default ketika mendeteksi Lid ditutup akan masuk ke mode “Sleep”. Tetapi bagaimana jika Anda ingin laptop Anda tetap menyala saat ditutup? Atau anda ingin laptop akan mati jika anda menutup lid?

Anda dapat dengan mudah mengubah fungsi yang dilakukan oleh sistem Anda ketika mendeteksi lid tertutup. Selain itu, Anda juga dapat menentukan untuk aksi apa yang harus dilakukan ketika lid ditutup pada saat laptop dicolokkan listrik atau menggunakan daya baterai sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda.

TOP TUTORIALS:  Mengecek Kesehatan Baterai Laptop dengan Generate Battery Report di Window 11

Aksi ketika Lid ditutup

Ada beberapa aksi yang dapat dilakukan oleh 11 ketika mendeteksi Lid tertutup.

Do nothing

tidak akan memberikan respon apapun. Layar akan mati dan sistem operasi tetap berjalan dengan normal.

Sleep

Mode Sleep adalah status hemat energi yang memungkinkan aktivitas dilanjutkan saat daya penuh. Pada Mode Sleep, sistem akan menyimpan dokumen dan file yang Anda operasikan ke dalam dan menggunakan sedikit daya dalam prosesnya.

Hibernate

Mode hibernasi juga dimaksudkan untuk menghemat daya tetapi berbeda dari mode sleep dalam hal apa yang dilakukan dengan data Anda. Hibernasi pada dasarnya melakukan hal yang sama, tetapi menyimpan informasi ke hard disk Anda, yang memungkinkan komputer Anda dimatikan sepenuhnya dan tidak menggunakan energi.

TOP TUTORIALS:  Cara Factory Reset Windows 10

Mode ini akan cocok jika anda tidak ingin menggunakan laptop untuk waktu yang lama dan ingin melanjutkan pekerjaan anda saat anda menghidupkannya lagi.

Shutdown

Laptop akan sepenuhnya mati.

Cara mengubah aksi Lid Laptop ketika ditutup

  1. Klik tombol Start Windows, dan pada kotak pencarian ketikkan ‘lid”. Kemudian pilih “Change what closing the lid does..”.
open lid
  1. Kemudian pada bagian “When I close the lid”, klik tombol dropdown untuk memilih opsi. Anda bisa memilih opsi “Do nothing, Sleep, Hibernate, dan Shutdown”. Anda juga bisa mengatur opsi tersebut ketika menggunakan baterai atau ketika dicolokkan.
TOP TUTORIALS:  Cara Otomatis Menutup Aplikasi yang Tidak Merespon di Windows 11
lid actions
  1. Selanjutnya, klik tombol “Save changes” untuk menerapkan perubahan tersebut.

Jaga Laptop Tetap Hidup dengan Lid Tertutup

Jika anda mengingkan laptop tetap hidup dan semua proses berjalan normal, anda bisa memilih opsi pengaturan lid dengan mode “Do nothing”.

Opsi ini ketika anda menutup lid, laptop akan hanya mematikan layar saja. Semua proses akan tetap berjalan normal. Jika anda menghubungkan laptop dengan monitor eksternal, gambar akan tetap tampil pada monitor eksternal tersebut.

Demikian juga jika anda mendengarkan musik, musik akan tetap terdengar walaupun anda menutup lid.

0 Komentar

Kirim Komentar