Optimasi Startup Windows 10/11 Untuk Mempercepat PC/Laptop

Ketika anda menghidupkan PC, sistem operasi yang anda gunakan akan menjalan banyak aplikasi secara otomatis tanpa perlu tindakan apapun dari anda.

Apakah hal ini menguntungkan atau merugikan?

Sebelum anda menjawab persoalan ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Aplikasi yang berjalan otomatis pada startup windows adalah aplikasi yang bertujuan untuk menjamin fitur aplikasi yang anda gunakan siap sedia untuk anda gunakan setiap saat.

Aplikasi dalam startup windows ini bisa berasal ketika anda melakukan instalasi driver, instalasi dari aplikasi pihak ketiga dan juga ada yang merupakan bawaan windows. Virus dan malware juga sering menginfeksi pada startup windows.

TOP TUTORIALS:  Mengubah Lokasi Taskbar Windows 11

Setiap aplikasi yang berjalan dari startup windows tentunya akan menggunakan sumber daya dari PC yang anda gunakan seperti RAM, CPU, Disk, Network dan GPU. Semakin banyak aplikasi yang berjalan akan membuat PC yang anda gunakan akan terasa semakin lambat dan konsumsi listriknya akan meningkat.

Jika PC yang anda gunakan adalah PC dengan spesifikasi yang tinggi, berjalannya aplikasi tersebut tidak akan terlalu berdampak pada kinerja PC secara keseluruhan. Lain halnya, jika PC yang anda gunakan memiliki spesifikasi yang rendah, berjalannya semua aplikasi startup tersebut akan semakin memperberat beban PC. Untuk mendapatkan kinerja PC yang baik, anda harus bisa mengurangi aplikasi tersebut dan memilih untuk menjalankannya secara otomatis hanya aplikasi yang benar-benar anda butuhkan.

TOP TUTORIALS:  Cara Menjalankan Aplikasi Dengan Prioritas Tinggi di Windows

Folder Startup Windows

Pada Folder Startup di Windows 11/10 berisi daftar shortcut dari aplikasi yang mulai secara otomatis ketika Windows anda mulai.

Cara membuka folder startup windows

  1. Tekan “logo windows + R”.
  2. Ketikkan “shell:startup” dan tekan Enter untuk membuka folder Current Users Startup. Atau “shell:common startup” dan tekan Enter untuk membuka folder All Users Startup.
startup windows 01

Lokasi folder startup windows

Current Users Startup :

C:UsersUsernameAppDataRoamingMicrosoftWindowsStart MenuProgramsStartup

All Users Startup :

C:ProgramDataMicrosoftWindowsStart MenuProgramsStartUp

Cara Disable/Enable Startup Windows

Pada Windows 10/11, anda bisa menonaktifkan/mengaktifkan startup dari aplikasi dengan mudah. Anda bisa mengatur aplikasi mana yang ingin anda jalankan sesuai dengan kebutuhan anda.

TOP TUTORIALS:  Tutorial Lengkap, Cara Sharing Printer di Windows

Langkah-langkah Disable/Enable startup di Windows 10/11

  1. Tekan logo Windows dan pilih Setting.
startup windows 02
  1. Kemudian pilih dan klik “Apps
startup windows 03
  1. Anda akan melihat startup aplikasi yang berasal dari instalasi aplikasi pihak ke-3, driver dan default dari Windows. Untuk mengaktifkan aplikasi anda tinggal menggeser switch ke kanan dan untuk menonaktifkan aplikasi geser switch ke kiri.
startup windows 04

Cara Menambahkan Aplikasi ke Startup Windows

Untuk menambahkan aplikasi agar bisa berjalan secara otomatis pada saat Windows dimulai, anda bisa menambahkan dengan cara membuat “Shortcut” aplikasi tersebut dan menyalinnya ke dalam Folder Startup Windows yang telah disebutkan di atas.

startup windows 05