Cara Membuat Virtual CD/DVD di Windows dengan TotalMounter

Windows 10 menyediakan “system repair disc” yang sangat berguna jika anda mengalami masalah seperti gagal boot. Dengan system repair disc anda bisa melakukan boot PC/Laptop dan memperbaiki kerusakan yang terjadi serta anda dapat melakukan restore windows melalui system image yang telah anda buat.

virtual cd 01

Untuk membuat CD/DVD dari system repair disc, anda harus memiliki CD/DVD burner yang memiliki kemampuan membaca dan menulis pada CD/DVD.

Jika anda tidak memilikinya, anda bisa menggunakan virtual CD/DVD. Tidak semua utilitas dari virtual CD/DVD yang saat ini ada memiliki kemampuan untuk burning layaknya CD/DVD sungguhan. Salah satu utilitas yang Bardimin coba dan berfungsi dengan baik pada Windows 10 adalah KernSafe TotalMounter yang tersedia secara gratis.

Apa itu KernSafe TotalMounter

TotalMounter adalah utilitas gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat Virtual CD/DVD burner untuk langsung membakar data ke file ISO, bukan ke disk optik (seperti CD atau DVD).

Virtual CD/DVD burner bukan satu-satunya fitur dari TotalMounter. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk hampir semua file gambar yang umum digunakan, seperti .iso, .cdi, .bin, .mds, .mdf, .img, .raw, .ccd, .nrg. Selain itu, Anda juga dapat memasang file image disk virtual seperti .vhd atau .img. TotalMounter dapat bekerja sebagai Inisiator iSCSI yang memungkinkan untuk masuk ke target yang dilindungi CHAP. Ini adalah solusi sempurna jika Anda ingin terhubung ke Target iSCSI yang dibuat oleh iStorage Server. Anda juga dapat menggunakannya sebagai klien INetDisk yang memungkinkan Anda terhubung ke Server INetDisk.

TOP TUTORIALS:  Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10

Fitur dari KernSafe TotalMounter

  • Benar-benar gratis
  • Memungkinkan pemasangan hampir semua jenis file gambar populer
  • Memungkinkan pemasangan jenis file hard disk virtual
  • Mudah digunakan
  • Inisiator iSCSI bawaan
  • Virtual CD/DVD burner
  • Menyediakan emulator CD-RW dan DVD+RW yang memungkinkan Anda untuk “menulis” data ke dalam drive CD/DVD, Anda juga dapat membuat file ISO9660 dengan menggunakan perangkat lunak pembakar CD/DVD.
  • Menyediakan emulator CD/DVD-ROM yang memasang file gambar seperti ISO, CDI, BIN, MDS, MDF, IMG, RAW, CCD, NRG ke dalam drive CD/DVD-ROM virtual.
  • Menyediakan Inisiator iSCSI untuk memasang Server iStorage dan Target iSCSI lainnya.
  • Menyediakan klien INetDisk untuk memasang Server INetDisk.
  • Mount dan buat file Image disk (img) dan file VHD.
  • Enkripsi disk virtual AES 256-BIT.
  • Menyediakan teknologi Virtual Write, sehingga Anda dapat menyalin file ke drive hanya-baca dan tidak memengaruhi orang lain yang menggunakan klien lain.
  • Menyediakan sebanyak 8 virtual drive.
  • Menyediakan alat manajemen sederhana dan banusic, untuk mengelola drive virtual.
  • Dukungan untuk mesin x86 dan x64.
  • Tidak ada batasan kapasitas disk, jumlah total hard disk yang terpasang, jumlah CPU atau inti CPU, dan jumlah RAM.
  • Sepenuhnya sesuai dengan Standar iSCSI 1.0 terbaru (draf 20 sebelumnya).
TOP TUTORIALS:  Cara Memalsukan Lokasi Anda di Google Chrome

Langkah-langkah membuat Virtual CD/DVD di Windows 10 dengan TotalMounter

  1. Download TotalMounter.
  2. Instal file hasil download. Ikuti semua petunjuk instalasi.
virtual cd 02
  1. Klik tombol “Instal” ketika muncul notifikasi instalasi driver.
virtual cd 03
  1. Buka aplikasi “TotalMounter” hasil instalasi.
virtual cd 04
  1. Klik tombol “Mount” kemudian pilih “Virtual CD/DVD RW”
virtual cd 05
  1. Pada jendela yang muncul pilih tipe disk “DVD/Blue-Ray” dan kemudian tentukan kapasitas dari DVD yang akan digunakan. Pilih kapasitas sesuai dengan DVD yang ada di pasaran, agar nanti jika anda membutuhkan untuk melakukan burning ke DVD yang sesungguhnya bisa anda lakukan. Dalam contoh ini Bardimin menggunakan DVD dengan kapasitas 4.7 Gb- yang secara fisik mudah di dapatkan.
    Kemudian pilih lokasi penyimpanan file image dari DVD tersebut, anda bisa klik tombol “Browse” dan memilih lokasi folder dan nama file untuk disimpan. Selanjutnya klik tombol “Finish” untuk membuat Virtual CD/DVD.
TOP TUTORIALS:  Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word
virtual cd 06
  1. Virtual CD/DVD yang anda buat akan tampak pada “file explorer”.
virtual cd 07
  1. Lakukan burning ke Virtual CD/DVD tersebut. Dalam contoh ini, anda bisa membuat image dari “system repair disc” tanpa menggunakan CD/DVD secara fisik.
virtual cd 08

Dengan menggunakan utilitas TotalMounter ini, anda bisa memiliki Virtual CD/DVD yang berfungsi seperti CD/DVD yang sesungguhnya. Cara yang sama bisa anda gunakan untuk aplikasi lain yang mengharuskan anda memiliki CD/DVD untuk melakukan burning data.