Cara Mengetahui Proses yang Menggunakan Listening Port TCP dan UDP Windows 11

5 Juli 2022

Home » Blog » Network » Cara Mengetahui Proses yang Menggunakan Listening Port TCP dan UDP Windows 11

Port dan tidak memiliki hubungan. TCP stack menafsirkan port , sedangkan stack menafsirkan port . Port memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke sebuah node dengan multiplexing koneksi.

Akibatnya, tingkat yang lebih tinggi secara teknis dapat menggunakan nomor port dan UDP yang sama atau berbeda. Satu komputer, di sisi lain, dapat berkomunikasi dengan dua layanan yang berbeda pada saat yang sama dengan menggunakan nomor port TCP dan UDP yang sama.

TOP TUTORIALS:  Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Windows 11

Server web, misalnya, mengikat ke port TCP 80. Agar lebih mudah diingat, menggunakan nomor port yang sama untuk TCP dan UDP. Meskipun dua yang terhubung ke nomor port yang sama dapat melakukan fungsi yang sama, port TCP dan UDP tidak sama. Mereka independen satu sama lain.

Pengelompokan Port TCP/UDP

Port 0 – 1023:

Nomor port TCP/UDP ini adalah nomor port yang paling umum dan terkenal. Port ini ditetapkan ke layanan server tertentu oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Misalnya, port 80 digunakan oleh server web.

TOP TUTORIALS:  Cara mencegah Windows 11 membuka kembali aplikasi secara otomatis setelah Restart atau Login

Port 1024 – 49151:

Ini adalah port yang dapat didaftarkan oleh organisasi, seperti pengembang , untuk digunakan pada layanan tertentu.

Port 49152 hingga 65535:

Nomor port yang dapat digunakan oleh program klien, seperti web. Saat Anda mengunjungi situs web, web Anda akan menetapkan nomor port sesi itu dari dalam rentang ini. Sebagai pengembang aplikasi, Anda bebas menggunakan salah satu port ini.

Mengecek aplikasi yang menggunakan Port TCP/UDP di Windows 11

11 telah menyediakan utilitas bawaan untuk melakukan monitor penggunaan port. Dengan menggunakan utilitas ini, anda dapat mengawasi proses atau aplikasi yang menggunakan port secara real time.

  1. Buka “Resource Monitor”. Klik tombol Start pada , kemudian pada kotak pencarian ketikkan “resource monitor”. Dan pilih aplikasi tersebut pada hasil pencarian.
TOP TUTORIALS:  Cara Ekspor dan Impor Driver Windows 11 tanpa Aplikasi
Resource Monitor open
  1. Pada jendela aplikasi yang terbuka, kemudian klik tab “”. Pada panel, klik “Listening Ports” untuk memperluas.
Resource Monitor listening port

Dari gambar tersebut anda bisa mengetahui aplikasi yang menggunakan port pada kolom “Image” dan anda juga bisa mendapatkan informasi dari Address, Port, Protocol dan Status .

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar