Cara Bypass Lupa Kata Sandi BIOS

bardimin pic

Ditulis oleh Bardimin

Tanggal 22 Mei 2023
Home » Blog » Hardware » Cara Bypass Lupa Kata Sandi BIOS

Jika Anda telah membuat kata sandi BIOS untuk PC/Laptop dan lupa, Anda mungkin harus mengirimkannya kembali ke produsen. Jangan khawatir, masih ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melewati atau membuka kunci kata sandi BIOS.

Kata sandi BIOS berfungsi sebagai bentuk autentikasi yang mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk mendapatkan akses ke BIOS sebelum sistem melakukan booting. Basic Input Output System (BIOS) mengacu pada program yang digunakan mikroprosesor komputer untuk mengelola urutan booting utama dan inisialisasi perangkat keras.

Kata sandi BIOS disimpan dalam memori Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS), sesuai dengan konvensi penulisan akademis. Pada beberapa sistem komputer, baterai kecil yang terpasang pada motherboard berfungsi untuk mempertahankan fungsi memori selama komputer dimatikan.

cmos motherboard

Penerapan kata sandi BIOS dapat memberikan lapisan keamanan tambahan untuk perangkat komputer dan laptop. Tujuan dari mekanisme ini adalah untuk mencegah pengguna mengubah pengaturan BIOS atau mencegah PC melakukan booting tanpa adanya kata sandi.

Sayangnya, kata sandi BIOS dapat menjadi potensi bahaya jika pengguna lupa kata sandi mereka atau mengubahnya dengan maksud untuk menolak akses. Mengembalikan unit komputer ke produsen untuk mereset BIOS bisa jadi mahal dan umumnya tidak tercakup dalam garansi.

Tidak perlu khawatir, Bardimin akan memberikan beberapa metode untuk mengatasi situasi ini. Ada beberapa celah dan teknik terdokumentasi yang dapat secara efektif menimpa atau memulihkan BIOS. Baca selengkapnya pada bagian berikut ini.

Metode Bypass Kata Sandi BIOS

Sebelum mencoba menerobos kata sandi BIOS pada komputer, sebaiknya hubungi layanan dukungan pelanggan produsen perangkat keras untuk mendapatkan saran tentang teknik melewati keamanan BIOS yang resmi.

Jika produsen tidak dapat atau tidak mau memberikan bantuan, ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menerobos atau mengatur ulang kata sandi BIOS. Anda dapat mencoba teknik berikut ini untuk melewati katas sandi BIOS:

  1. Menggunakan kata sandi backdoor pabrikan untuk mengakses BIOS.
  2. Menyetel ulang CMOS menggunakan jumper.
  3. Melepas baterai CMOS selama minimal 10 menit.
  4. Membebani buffer secara berlebihan.
  5. Menggunakan peretas kata sandi.
  6. Menghubungkan bantalan solder tertentu pada CMOS.
  7. Menggunakan layanan profesional.

Perhatikan bahwa kata sandi BIOS pada umumnya tidak melindungi . Oleh karena itu, jika Anda perlu mengambil data, Anda dapat melepas dari komputer dan menggantinya dalam sistem yang sama atau mengkonfigurasi sebagai drive sekunder di komputer yang sudah berfungsi.

Sebagian Laptop ada yang membatasi akses ke ketika kata sandi supervisor diaktifkan. Jika Anda mengatur ulang kata sandi supervisor namun tidak mengatur ulang hard drive, Anda tidak akan dapat mengambil data yang tersimpan di drive.

1] Menggunakan kata sandi backdoor pabrikan untuk mengakses BIOS.

Beberapa BIOS menyediakan kata sandi rahasia yang dapat digunakan untuk mengakses pengaturan konfigurasi BIOS jika kata sandi asli terlupa. Penting untuk diperhatikan bahwa kata sandi ini peka terhadap huruf besar/kecil, sehingga Anda mungkin ingin bereksperimen dengan kombinasi yang berbeda.

Penting untuk diperhatikan bahwa simbol yang diwakili oleh tombol “garis bawah” pada AS dapat diwakili oleh simbol yang berbeda, seperti “tanda tanya” pada keyboard Eropa tertentu. Laptop bermerek biasanya memiliki langkah-langkah keamanan BIOS yang lebih kuat daripada sistem , dan sepengetahuan kami tidak ada kata sandi pintu belakang yang dapat digunakan pada laptop ini.

Jika kata sandi yang salah dimasukkan lebih dari tiga kali, konfigurasi BIOS tertentu dapat membuat sistem tidak dapat diakses. Pastikan untuk membaca panduan produsen untuk mengetahui petunjuk konfigurasi BIOS sebelum memasukkan sandi.

Kata sandi backdoor BIOS Award:

ALFAROME ALLy aLLy aLLY ALLY aPAf _award AWARD_SW AWARD?SW AWARD SW AWARD PW AWKWARD awkward BIOSTAR CONCAT CONDO Condo d8on djonet HLT J64 J256 J262 j332 j322 KDD Lkwpeter LKWPETER PINT pint SER SKY_FOX SYXZ syxz shift + syxz TTPTHA ZAAADA ZBAAACA ZJAAADC 01322222

589589 589721 595595 598598

Kata sandi backdoor BIOS AMI:

AMI AAAMMMIII BIOS PASSWORD HEWITT RAND AMI?SW AMI_SW LKWPETER A.M.I. CONDO

Kata sandi backdoor BIOS PHOENIX:

phoenix, PHOENIX, CMOS, BIOS

Kata sandi backdoor BIOS yang banyak digunakan:

ALFAROME BIOSTAR biostar biosstar CMOS cmos LKWPETER lkwpeter setup SETUP Syxz Wodj

Kata sandi BIOS berdasarkan produsen

ProdusenKata sandi BIOS
VOBIS & IBMmerlin
DellDell
BiostarBiostar
CompaqCompaq
Enoxxo11nE
Epoxcentral
FreetechPosterie
IWilliwill
Jetwayspooml
Packard Bellbell9
QDIQDI
SiemensSKY_FOX
TMCBIGO
ToshibaToshiba

BIOS TOSHIBA

Sebagian besar laptop Toshiba dan beberapa sistem akan mem-bypass kata sandi BIOS jika tombol shift kiri ditekan selama boot

IBM APTIVA BIOS

Tekan kedua tombol mouse berulang kali selama boot

2] Menyetel ulang CMOS menggunakan jumper.

Banyak motherboard memiliki serangkaian jumper atau dip switch yang dapat digunakan untuk menghapus CMOS dan pengaturan yang dipersonalisasi, seperti kata sandi BIOS. Lokasi jumper/dipswitch dapat bervariasi, tergantung pada produsen motherboard, jadi sangat disarankan agar Anda membaca dokumentasi yang disediakan oleh produsen komputer atau motherboard.

Jika tidak ada dokumentasi, jumper atau dip switch mungkin terletak di tepi motherboard, di dekat baterai CMOS, atau di dekat prosesor. Produsen sering menggunakan berbagai label seperti CLEAR, CLEAR CMOS, CLR, CLRPWD, PASSWD, PASSWORD, atau PWD untuk mengidentifikasi jumper/dipswitch. Dip switch biasanya terletak di bawah keyboard atau, pada laptop, di kompartemen di bawah laptop.

Sebelum mencoba menyentuh motherboard, pastikan untuk mencabut kabel komputer Anda dan gunakan strip pengardean. Setelah Anda menemukan dan menyesuaikan sakelar jumper, nyalakan komputer untuk melihat apakah kata sandi telah diatur ulang. Jika sudah, matikan komputer dan setel ulang jumper atau dipswitch.

3] Melepas baterai CMOS selama minimal 10 menit.

Baterai kecil dihubungkan ke motherboard untuk menyediakan tenaga bagi pengaturan CMOS pada sebagian besar sistem komputer. Bentuknya menyerupai baterai kecil yang terdapat pada arloji. Mengatur ulang CMOS dapat dilakukan dengan melepaskan baterai selama 10-15 menit, kata sandi akan kembali ke pengaturan default (kata sandi kosong).

Pada beberapa kasus, produsen menggunakan kapasitor untuk menyimpan daya untuk chipset CMOS. Jika upaya pengaturan ulang awal Anda gagal, biarkan sistem tidak tersambung dan lepaskan baterai setidaknya selama 24 jam.

Pada beberapa motherboard, baterai disolder langsung ke motherboard. Jika Anda tidak berpengalaman, jangan mencoba melepas solder baterai karena dapat merusak motherboard dan komponennya.

Perlu dicatat bahwa menggunakan teknik melepas baterai untuk mengatur ulang CMOS mungkin tidak efektif pada setiap komputer. Selain itu, sebagian besar laptop modern menyimpan kata sandi BIOS mereka dengan cara yang tidak memerlukan daya, sehingga melepas baterai CMOS mungkin tidak efektif.

Jika Anda berhasil mengatur ulang kata sandi BIOS tetapi tidak dapat mengatur ulang kata sandi hard drive, Anda mungkin masih mengalami masalah dalam mengakses drive. Drive akan tetap terkunci meskipun Anda mencoba menggunakannya di laptop lain. Untuk mem-boot ulang IBM Thinkpad, Anda harus menggunakan sakelar jumper unik yang terletak di motherboard.

4] Membebani buffer keyboard secara berlebihan.

Pada kasus tertentu dengan komputer lama, inisiasi layar pengaturan CMOS selama booting dapat dipicu dengan membebani buffer keyboard secara berlebihan. Solusi yang dapat dilakukan adalah memulai proses booting dengan periferal keyboard atau mouse yang terputus dari sistem. Sebagai alternatif, pada beberapa sistem, menekan tombol ESC lebih dari seratus kali secara berurutan dapat memberikan hasil yang diinginkan.

5] Menggunakan perangkat lunak peretas kata sandi BIOS.

Perangkat lunak ini memiliki kemampuan untuk memecahkan atau mengatur ulang BIOS pada berbagai chipset. Karena alat ini tidak disediakan oleh produsen, disarankan untuk berhati-hati dan bertanggung jawab secara pribadi saat menggunakannya.

  • Cmos password recovery tools
  • !BIOS
  • RemPass
  • KILLCMOS

6] Menghubungkan bantalan solder tertentu pada CMOS.

Reset CMOS dapat dilakukan dengan menghubungkan atau melompati bantalan solder tertentu pada chipset. Beragamnya chipset yang tersedia, menghadirkan tantangan dalam mengidentifikasi titik spesifik untuk dijembatani pada tiap chipset.

Selain itu, penempatan manik-manik solder dapat bervariasi dari satu produsen ke produsen lainnya, sehingga disarankan untuk membaca dokumentasi komputer dan motherboard Anda untuk mengetahui spesifikasi yang tepat.

Pendekatan khusus ini tidak dimaksudkan untuk pemula dan hanya boleh digunakan sebagai pilihan terakhir. Jangan menggunakan cara ini, jika Anda tidak memahaminya dengan baik karena beresiko merusak motherboard.

7] Menggunakan layanan profesional.

Jika produsen laptop atau PC desktop tidak dapat atau tidak mau melakukan pengaturan ulang kata sandi BIOS, menggunakan layanan profesional tetap menjadi pilihan yang layak. Gunakan jasa layanan yang terpercaya dan berpengalaman dalam menangani kasus seperti ini.

Artikel Terbaru

Redirect dan Blokir URL dengan File HOSTS di Windows

Redirect dan Blokir URL dengan File HOSTS di Windows

Redirect dan Blokir URL dapat Anda lakukan dengan mudah di Windows. Hanya dengan menambahkan IP sebuah website, Anda dapat mengalihkan atau memblokirnya. Tentu ini sangat berguna untuk membatasi akses pegawai atau anak Anda dari mengakses situs web yang tidak Anda...

Pemeriksaan Masalah CPU, RAM, dan Motherboard

Pemeriksaan Masalah CPU, RAM, dan Motherboard

Apakah layar langsung terlihat oleh Anda? Jika pemberitahuan seperti "No Video Signal" ditampilkan, ini tidak dapat dianggap sebagai layar langsung dalam situasi ini. Anda harus mencapai layar BIOS, yang dapat berupa BIOS sistem atau pemuatan BIOS adaptor, minimal....

Teknik Dasar Perawatan Komputer dan Laptop

Teknik Dasar Perawatan Komputer dan Laptop

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi komputer dan mobil memiliki kesamaan, keduanya membutuhkan perawatan rutin. Jika mobil Anda perlu mengganti oli secara rutin, komputer Anda secara rutin juga harus memperbarui perangkat lunak, menjaga antivirus tetap up to date,...

Cara Kerja Anonimitas Proxy

Cara Kerja Anonimitas Proxy

Pertukaran informasi di Internet dilakukan dengan model klien-server. Klien mengirimkan permintaan (file apa yang dia butuhkan) dan server mengirimkan balasan (file yang dibutuhkan). Untuk kerja sama yang erat (pemahaman penuh) antara klien dan server, klien...

10 Penyebab PC Windows crash yang harus Anda ketahui

10 Penyebab PC Windows crash yang harus Anda ketahui

Kesalahan fatal akan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil atau sibuk. PC Windows Anda akan sering menampilkan Blue Screen of Death (BSOD). Apakah Anda sering mengalaminya? Komputer yang sering macet cukup mengganggu bagi semua pengguna, terutama ketika Anda sedang...