Menampilkan URL Tersembunyi yang Diakses oleh Aplikasi Windows

Sudah menjadi trend ketika anda mengunduh aplikasi seperti browser chrome, adobe acrobat dan lainnya, anda akan mendapati file yang anda unduh sangat kecil. Ketika anda memulai instalasi file tersebut baru akan mengunduh file instalasi secara lengkap pada background.

Demikian juga ketika anda bekerja dengan menggunakan perangkat anda, banyak aplikasi yang berjalan pada background dan mengakses internet tanpa anda ketahui.

Untuk mengetahui semua aktivitas yang menggunakan internet, anda bisa menggunakan tool yang dapat merekam semua aktivitas tersebut. Ada banyak tool yang tersedia secara gratis untuk melakukan hal itu. Berikut beberapa tool yang sederhana yang dapat melakukan pekerjaan tersebut dan bahkan beberapa diantaranya tersedia versi dalam portable.

TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Instal Flutter di Android Studio dan Windows

1. URLSnooper

URLSnooper adalah salah satu tool yang cukup populer untuk monitor URL yang tersembunyi. Anda dapat mengunduhnya dalam versi installer atau portable. Jika anda menggunakan versi portable, anda harus menambah driver dari WinPcap secara manual agar versi portable berfungsi.

Secara default, URLSnooper didesain untuk menemukan URL untuk semua aliran dengan melihat lalu lintas jaringan dan mengidentifikasi URL potensial, terutama URL media streaming.

Untuk memantau semua URL yang tersembunyi, anda harus mengubahnya  ke mode lanjutan dengan cara klik “File > Advanced Mode”.

TOP TUTORIALS:  Mencegah Update Windows 10
url-snooper-01

Kemudian pada “Protocol Filter”, pilih “Show All”.

url-snooper-02

Anda akan melihat begitu banyak URL yang diakses oleh PC yang anda gunakan. Ketika anda membuka aplikasi atau browser dan melakukan aktivitas dengannya, semua URL akan terekam oleh URLSnooper.

Download URLSnooper

2. HTTPNetworkSniffer

HTTPNetworkSniffer adalah alat packet sniffer yang menangkap semua permintaan/tanggapan HTTP yang dikirim antara browser Web dan server Web dan menampilkannya dalam tabel sederhana. Untuk setiap permintaan HTTP, informasi berikut ditampilkan: Nama Host, Metode HTTP (GET, POST, HEAD), Jalur URL, Agen Pengguna, Kode Respons, String Respons, Tipe Konten, Referer, Pengkodean Konten, Pengkodean Transfer, Nama Server, Panjang Konten, String Cookie, dan banyak lagi.

TOP TUTORIALS:  Cara Memblokir Aplikasi Dari Akses Internet
http-network-sniffer

Kelemahan mendasar dari HTTPNetworkSniffer adalah tidak mampu menangkap data HTTP dari situs Web aman (HTTPS). Dan pada saat ini, hampir semua koneksi menggunakan protokol HTTPS.

Kelebihan dari HTTPNetworkSniffer adalah ringan dan portable tanpa perlu melakukan instalasi. Akan tetapi untuk menggunakannya anda tetap harus menginstal driver WinPcap.

Download HTTPNetworkSniffer