Cara Membuat Aplikasi selalu di atas pada Windows

Ketika anda bekerja dengan banyak aplikasi, terkadang anda membutuhkan salah satu aplikasi untuk selalu tampil di atas aplikasi yang lain.

Membuat salah aplikasi untuk selalu tampil di atas akan sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Seperti ketika anda ingin melakukan monitoring atau menonton video dan pada saat yang sama anda juga akan mengetik artikel.

Sayangnya Windows belum memiliki fitur ini. Akan tetapi Microsoft telah membuat utilitas yang bernama PowerToys untuk melakukan hal tersebut.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Microsoft PowerToys, anda bisa melihatnya pada Cara Instal Microsoft PowerToys pada Windows

TOP TUTORIALS:  Cara Melihat Password WiFi di Windows 11

Membuat aplikasi selalu di atas dengan PowerToys

Salah satu utilitas dari PowerToys adalah “Always On Top” yang memungkinkan anda membuat salah satu aplikasi yang anda buka selalu berada di atas aplikasi lainnya.

always on top

Alihkan jendela agar berada di atas

Untuk mengaktifkan/menonaktifkan jendela agar berada selalu di atas atau sebaliknya, anda bisa menggunakan tombol shortcut (⊞ Win+Ctrl+T).

Jendela yang aktif akan ada garis batas di sekeliling jendela tersebut yang defaulxtnya berwarna biru.

always on top example

Setting PowerToys

Anda bisa membuat pengaturan sendiri dengan membuka Setting dari PowerToys dengan cara klik tombol “Open Settings”.

TOP TUTORIALS:  NewPipe – Aplikasi YouTube Bebas Iklan untuk Android
always on top settings
PengaturanKeterangan
Activation shortcutPerintah keyboard yang dapat disesuaikan untuk menghidupkan atau mematikan selalu di atas untuk jendela itu
Do not activate when Game Mode is onMencegah fitur diaktifkan saat aktif bermain game di sistem
ColorWarna batas sorotan
Border thickness (px)Ketebalan batas sorotan – Diukur dalam piksel
Play a soundKicauan peringatan kecil dimainkan untuk membuat Anda sadar. Mengaktifkan dan menonaktifkan berbeda sehingga Anda dapat mengetahuinya.
Excluded appsTambahkan nama aplikasi, atau bagian dari nama, satu per baris (misalnya menambahkan Notepad akan cocok dengan Notepad.exe dan Notepad++.exe ; untuk mencocokkan hanya Notepad.exe tambahkan ekstensi .exe )