Cara Memblokir Aplikasi Dari Akses Internet

Hampir semua aplikasi dari pihak ketiga saat ini selalu terhubung ke internet. Aplikasi tersebut terhubung ke internet dengan berbagai macam tujuan. Salah satu contoh yang paling banyak anda temui adalah update dari aplikasi. Hampir setiap aplikasi memiliki fitur update dengan mengakses ke server developer aplikasi untuk mengecek ketersediaan update dari aplikasi tersebut.

Selain itu, sekarang ini sudah mulai banyak aplikasi yang terhubung ke internet untuk memastikan keaslian dari aplikasi tersebut. Tidak semua akses internet dari sebuah aplikasi selalu menguntungkan, jika aplikasi yang anda instal telah disusupi virus atau malware. Dengan memberikan akses internet ke aplikasi yang mengandung malware, keamanan data pada komputer anda sangat rentan untuk diretas.

Jika fitur penting aplikasi tidak bergantung pada konektivitas internet, Anda dapat memblokir aplikasi agar tidak mengakses internet sama sekali. Untuk membatasi atau memblokir sebuah aplikasi dari akses internet, anda dapat menggunakan “Windows Firewall”. Windows Firewall dapat mencegah malware agar tidak online, dan dapat mencegah aplikasi dengan informasi sensitif mengakses Internet kapan saja, yang dapat membantu menjaga keamanan data.

TOP TUTORIALS:  Cara Otomatis Masuk ke Windows 11 - Bypass Login Screen

Cara blokir aplikasi dari akses internet menggunakan Windows Firewall

  1. Ketikkan “defender firewall” pada tombol pencarian Windows dan pilih “Windows Defender Firewall
firewall 01
  1. Pilih “Advanced setting” pada jendela Windows Defender Firewall.
firewall 02
  1. Kemudian pada jendela Windows Defender Firewall with Advanced Security pilih “Outbound Rules”. Dan selanjutnya klik “New Rule” untuk membuat rule.
firewall 03
  1. Pada jendela Rule Wizard pilih “Program” dan klik tombol “Next”.
firewall 04
  1. Ketikkan path lokasi program terinstal atau klik tombol “Browse” dan arahkan ke lokasi program berada. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
TOP TUTORIALS:  Membuat Virtual Machine Di Windows 10 Tanpa Aplikasi
firewall 05
  1. Pilih “Block the connection”, karena anda akan melakukan blokir akses internet. Dan Klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
firewall 06
  1. Pilih ketiga opsi yang tersedia untuk melakukan blokir secara total. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.
firewall 07
  1. Berikan nama pada rule yang anda buat untuk memudahkan anda mengenalinya. Selanjutnya klik tombol “Finish” untuk membuat rule tersebut.
firewall 08
  1. Pada daftar rule, anda akan melihat rule baru dengan nama seperti yang anda berikan pada langkah sebelumnya dengan icon berwarna merah.
firewall 09

Cara membuat rule firewall pada sebuah folder dengan banyak aplikasi

Membuat rule seperti pada contoh sebelumnya tentu sangat mudah. Jika sebuah aplikasi terdapat banyak file “exe” yang tersebar di diberbagai subfolder, menggunakan cara tersebut akan sangat merepotkan anda.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengganti Password Windows 11

Ada sebuah tool kecil dan portable yang bernama “Firewall App Blocker (Fab)” yang dapat anda gunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tool tersebut dapat melakukan scanning dalam sebuah folder dan subfoldernya untuk mencari file “exe” dan menambahkan semua file “exe“ yang dia temukan ke dalam Rule Firewall Windows.

Cara menggunakan Firewall App Blocker

  1. Download Firewall App Blocker
  2. Ekstrak file hasil download dan jalankan file “Fab.exe
  3. Kemudian klik menu “File” dan pilih “Add Folder Contents”
firewall 11
  1. Arahkan ke lokasi folder aplikasi terinstall dan klik tombol “OK” untuk menambahkan semua file “exe dalam folder dan subfolder tersebut ke dalam daftar rule yang akan diblokir akses internetnya.
firewall 12
  1. Anda akan melihat semua file “exe” pada folder tersebut telah diblokir.

BARDIMIN: indahnya berbagi pengetahuan

Terimakasih atas kunjungannya…..