Cara Mengukur Kecepatan Jaringan LAN

13 Desember 2021

Home » Blog » Teknologi » Cara Mengukur Kecepatan Jaringan LAN

Seberapa cepat jaringan LAN (Local Area Network) yang anda miliki?

Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan dalam sebuah jaringan LAN. Semua peralatan yang anda gunakan dalam sebuah jaringan LAN akan mempengaruhi kecepatan yang anda peroleh. Peralatan-peralatan yang banyak mempengaruhi kecepatan jaringan LAN, diantaranya adalah

  • Kecepatan Switch/Hub (100Mbps, 1Gbps)
  • Jenis kabel LAN (CAT6, CAT5)
  • Ethernet Card (100Mbps, 1Gbps)

Untuk mengukur kecepatan dari jaringan LAN, anda bisa menggunakan tool berikut ini. Hasil yang ditunjukkan oleh tool ini tidak selalu menggambarkan kecepatan maksimal dari jaringan yang anda ukur. Beberapa metode pengukuran memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

1. iPerf

adalah tool yang cukup popular untuk pengukuran maksimum yang dapat dicapai pada jaringan IP. Mendukung penyetelan berbagai parameter yang terkait dengan waktu, buffer dan protokol (, , SCTP dengan IPv4 dan IPv6). Untuk setiap pengujian, ia melaporkan , kehilangan, dan parameter lainnya.

TOP TUTORIALS:  Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Aplikasi Arsip di Windows 11

bekerja dengan cara mengirimkan trafik dari satu host ke host yang lainnya. Untuk menggunakan , ia harus di pasang pada salah satu host sebagai server dan host yang lainnya sebagai client

Jalankan iPerf dari () dan ketikkan perintah berikut ini

iPerf Server

iperf3 -s

iPerf Client

iperf3 -c 192.168.0.1 (sesuaikan dengan IP server yang anda gunakan)
network tools 01

2. LAN Speed Test

Test merupakan tool yang sederhana namun kuat untuk mengukur kecepatan transfer file, hard drive, Drive USB, dan Jaringan Area Lokal (LAN) (berkabel & nirkabel). Langkah pertama, Anda memilih folder yang akan anda uji. Folder ini dapat berada di drive lokal atau drive USB, dll. untuk menguji kecepatan drive, atau sharing folder dalam jaringan LAN Anda untuk menguji kecepatan jaringan Anda. Selanjutnya, Test akan membuat file dalam memori, lalu mentransfernya dua arah (tanpa efek file /) sambil melacak waktu, dan kemudian melakukan perhitungan untuk Anda.

TOP TUTORIALS:  URL Disabler v1.1 - Kontrol Akses Internet
network tools 02

Versi gratis dari Test hanya bisa untuk menguji kecepatan transfer file. Untuk menguji kecepatan jaringan LAN anda harus menambahkan LST Server yang berbayar.

3. LANBench

LAN Speed Test merupakan tool yang sederhana namun kuat untuk mengukur kecepatan transfer file, hard drive, Drive USB, dan Jaringan Area Lokal (LAN) (berkabel & nirkabel). Langkah pertama, Anda memilih folder yang akan anda uji. Folder ini dapat berada di drive lokal atau drive USB, dll. untuk menguji kecepatan drive, atau sharing folder dalam jaringan LAN Anda untuk menguji kecepatan jaringan Anda. Selanjutnya, LAN Speed Test akan membuat file dalam memori, lalu mentransfernya dua arah (tanpa efek cache file /) sambil melacak waktu, dan kemudian melakukan perhitungan untuk Anda.

TOP TUTORIALS:  LanSpy - Keamanan jaringan dan pemindai port
network tools 03

Dari semua tool tersebut, untuk menguji kecepatan jaringan LAN yang kami uji, iPerf masih menjadi tool gratis yang memiliki banyak kelebihan dibanding dengan lainnya.

iPerf mudah digunakan dan memberikan hasil yang lebih akurat untuk menggambarkan kecepatan jaringan LAN yang anda gunakan.

0 Komentar