[Standar] Urutan Warna Kabel LAN RJ45

3 Maret 2021

Home » Blog » Teknologi » [Standar] Urutan Warna Kabel LAN RJ45

adalah konektor kabel ethernet yang memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan LAN (Local Area ) dan topologi jaringan lainnya.

RJ adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standar peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel untuk menghubungkan peralatan dalam jaringan.

Konektor ini bisa anda temukan pada kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair maupun juga kabel STP atau Shield Twisted Pair.

Setiap konektor pada mempunyai delapan dengan delapan kabel terpisah. Setiap kabel mempunyai warna yang berbeda-beda dan urutan dalam pemasangannya mempunyai aturan sendiri. Ada standar internasional urutan warna dalam mengurutkan kabel tersebut.

TOP TUTORIALS:  Lewati Pemblokiran MAC dengan Technitium MAC Address Changer v6

T-568A RJ45 Pinout

RJ45 Pinout T568A

T-568B RJ45 Pinout

T568B pinout

Standar TIA/EIA 568-A telah diratifikasi pada tahun 1995 dan digantikan oleh standar TIA/EIA 568-B pada tahun 2002 dan telah diperbarui sejak saat itu. Kedua standar menentukan pinout T-568A dan T-568B pada kabel Unshielded Twisted Pair dan konektor RJ-45 untuk sambungan Ethernet.

Kabel straight through

Kabel ethernet straight through adalah jenis kabel pada LAN untuk menghubungkan komputer ke hub/switch jaringan seperti . Jenis kabel ini mempunyai nama lain “kabel patch“. Pada ini menggunakan satu standar kabel, bisa kedua ujungnya menggunakan standar kabel T-568A atau kedua ujungnya menggunakan standar kabel T-568B.

TOP TUTORIALS:  Cara mudah Screenshot di Windows
rj45 straight

Kabel Crossover

Jenis kabel Ethernet crossover adalah jenis untuk menghubungkan perangkat komputer secara langsung. Tidak seperti , menggunakan dua standar kabel yang berbeda: satu ujung menggunakan standar kabel T568A, dan ujung lainnya menggunakan standar kabel T568B.

rj45 crossover

Diagram sistem kabel RJ45

rj45 theory

Dengan melihat kabel straight-thru T-568A dan dengan ujung T-568B, kita melihat bahwa TX (pemancar) terhubung ke RX (penerima) yang sesuai, plus ke plus dan minus hingga minus.

TOP TUTORIALS:  Cara Menambahkan debug symbol ke build.gradle

Anda juga dapat melihat bahwa pasangan kabel biru dan coklat pada pin 4, 5, 7, dan 8 tidak digunakan di kedua standar. Jadi mengapa repot-repot menggunakan kabel ini ??? Jawabannya tunggu artikel berikutnya…

0 Komentar