Cara Memulihkan File yang Hilang atau Dihapus oleh Serangan Virus

17 Januari 2023

Home » Blog » Software » Security » Cara Memulihkan File yang Hilang atau Dihapus oleh Serangan Virus

Apakah serangan mengganggu Anda? Apakah Anda ingin memulihkan file yang hilang akibat serangan ?

Virus adalah hal yang umum di komputer. Orang-orang mengambil berbagai tindakan pencegahan untuk mempertahankan diri dari serangan , namun mereka mungkin masih merasa tidak siap.

Setiap hari, virus dan jenis program berbahaya lainnya bertanggung jawab atas cerita horor kehilangan data yang tak terhitung banyaknya, dan bahkan orang yang paham teknologi dengan banyak keahlian pun tidak kebal.

Salah satu akibat paling serius dari infeksi virus adalah kerusakan atau kehilangan data dari komputer. Data pada volume atau disk yang terinfeksi virus berisiko besar hilang, meskipun ada metode untuk memulihkan data ini.

virus attack

Virus komputer benar-benar dapat menghapus, merusak, atau mengubah file Anda. Virus melakukannya dengan cara yang cerdas. Selain menghapus data Anda, beberapa jenis dapat menyebabkan hilangnya data secara tidak langsung seperti . akan mengenkripsi file Anda hingga Anda membayar biaya kepada peretas untuk membukanya. Beberapa virus, misalnya, menghapus file segera setelah Anda mengkliknya.

Bagaimana Virus Menyerang Komputer

Virus komputer dapat menyebar melalui berbagai macam cara dan terus berkembang cara-cara baru untuk mengelabui Antivirus. Virus dapat menyebar dengan cara:

Menginstal Aplikasi Berbahaya.

Sekarang ini, banyak bajakan dari berbayar yang tersedia dengan gratis. File-file unduhan seperti ini rentan untuk disusupi virus. Anda harus sadar, tidak akan ada orang yang menyediakan berbayar dengan gratis jika tidak punya kepentingan tertentu.

Malware dapat ditransmisikan pada sistem Anda dengan menggunakan perangkat lunak bajakan. Selain itu, beberapa aplikasi tidak memiliki penerbit terverifikasi dan jika Anda menginstal program semacam itu dari sumber yang tidak dikenal, sistem operasi perangkat Anda mungkin dalam bahaya.

TOP TUTORIALS:  Asterisk Password Spy 11.0 - Tampilkan kata sandi tersembunyi di balik tanda bintang (******)

Mengunjungi situs web yang tidak aman.

Tidak setiap situs web aman dan Anda harus menghindari mengunjungi situs web berbahaya. Situs web ini dapat membahayakan perangkat Anda. Jika Anda mendapatkan peringatan bahaya dari yang Anda gunakan, sebaiknya Anda batalkan mengunjungi situs web tersebut.

Anda tidak dapat mengetahui skrip atau program apa yang sedang berjalan di halaman. Situs web berbahaya dan email tak dikenal dapat membahayakan integritas sistem Anda. Situs semacam itu berpotensi memasang Kode Berbahaya atau Skrip Virus di perangkat Anda.

Menggunakan Perangkat Eksternal yang Terinfeksi

Aplikasi berbahaya dapat berada di perangkat eksternal apa pun, seperti penyimpanan portabel. Jika Anda memasang perangkat penyimpanan eksternal yang memiliki virus, komputer Anda akan terkontaminasi.

Sebaliknya, jika anda memasang penyimpanan portabel ke komputer yang terinfeksi virus, penyimpanan portabel Anda akan terinfeksi juga.

Jenis Serangan Virus dan Peluang untuk Memulihkan File

Ada beberapa bentuk virus komputer yang memengaruhi komputer dan data Anda dengan berbagai cara. Beberapa virus mungkin tidak berpengaruh sama sekali pada data Anda. Sangat penting untuk memahami dan membedakan antara virus komputer.

Tidak mungkin Dipulihkan

Virus Spacefiller

Meskipun infeksi spacefiller mungkin tidak selalu menyebabkan kerusakan langsung, mereka mungkin mengganti file yang telah dihapus, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Virus Overwrite

Dapat menimbulkan kerusakan dengan cara menimpa file sistem dan data pengguna. LoveLetter adalah malware penimpaan yang terdeteksi secara teratur. Virus mematikan ini dapat berfungsi sebagai trojan dan worm email.

Karena sulit untuk memulihkan file yang ditimpa, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memformat drive yang terinfeksi untuk mencegah penyebaran virus yang ditimpa lebih lanjut.

Berpotensi untuk Dipulihkan

Virus Residen

Resident virus bersembunyi di memori komputer (), yang memungkinkan mereka menyebar dengan mudah ke bagian lain dari komputer dan menginfeksi semua data yang bersentuhan dengannya.

TOP TUTORIALS:  CPU-Z v2.01 – Utilitas untuk Mengidentifikasi Berbagai Komponen Perangkat Keras

Beberapa virus residen hanya memblokir akses logis ke file dengan mengubah atributnya dan menghapus pointer yang digunakan untuk mengaksesnya, yang lain jauh lebih merusak dan dapat menghapus file yang mereka temui secara permanen.

Virus

Salah satu contohnya adalah , yang mencegah akses data dengan mengenkripsinya menggunakan teknik yang kuat. Penyerang kemudian mengancam korban dengan menghapus data terenkripsi kecuali uang tebusan dibayarkan.

Beberapa virus bergantung pada teknik yang digunakan. Sebagian mudah dipecahkan oleh dekripsi yang tersedia secara luas. Namun, ada beberapa jenis ransomware yang teknologi filenya hampir sempurna dan sulit dipecahkan.

Dapat Dipulihkan

Virus Makro

Jenis virus ini banyak ditemukan pada dokumen Office. Saat pengguna membuka dokumen yang terinfeksi, mereka juga membuka virus yang tersembunyi di dalamnya, memungkinkannya mengakses bagian lain dari sistem.

Masalah virus makro dapat dihindari dengan menonaktifkan dukungan Visual Basic di aplikasi Office. Dokumen yang sudah terinfeksi dan rusak seringkali dapat direkonstruksi menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

Virus Scripting Web

Saat Anda mengunjungi situs web jahat atau mengunduh file yang terinfeksi, virus skrip web dapat mentransfer data Anda ke situs yang jauh dan kemudian menghancurkannya, menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Virus yang menginfeksi file

Virus jenis ini kebanyakan menginfeksi file executable seperti .exe,.com, dan sebagainya. Executable yang terinfeksi dapat menyebabkan sistem operasi Anda menjadi tidak stabil dan membuat pesan kesalahan yang mengganggu pekerjaan Anda. Dalam keadaan yang parah, virus yang menginfeksi file dapat membuat semua file yang disimpan di dalamnya tidak dapat diakses.

Virus di Sektor Boot

Virus in ditulis langsung ke sektor boot dan dijalankan setiap kali mesin yang terinfeksi melakukan booting. Karena jenis virus ini sering mencegah akses ke sistem operasi, memulihkan file yang terhapus jauh lebih sulit, tetapi bukan tidak mungkin.

Memulihkan File yang Hilang atau Dihapus oleh Serangan Virus

Gunakan perangkat lunak Pemulihan Data pihak ketiga

Anda dapat menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data yang banyak tersedia di Internet. Ada yang berbayar dan banyak juga yang tersedia gratis.

TOP TUTORIALS:  Ubah Aksi ketika Menutup Lid Laptop Windows 11

MiniTool Power Data Recovery Free adalah salah satu Perangkat Lunak Pemulihan Data gratis yang sangat sederhana dan efisien yang dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang karena serangan virus.

Disk Drill adalah perangkat lunak yang dapat memulihkan file Anda dan mendukung berbagai macam sistem file dan jenis perangkat penyimpanan.

Recoverit adalah program pemulihan file hilang yang memiliki opsi untuk memulihkan hanya file yang Anda perlukan. Anda dapat menggunakan program pemulihan file yang hilang ini untuk mencari file dan lokasi memori tertentu, menyimpan hasil pencarian Anda untuk melanjutkan pemulihan nanti.

Gunakan Perangkat Lunak Dekripsi Ransomware

Pertama, Anda harus mengenali varian Ransomware yang menyerang komputer Anda. Kemudian cari Alat Dekripsi Ransomware di internet.

Jika Alat Dekripsi Ransomware tersedia untuk ransomware yang telah mengenkripsi data Anda, kemungkinan mendekripsi dan memulihkan file Anda cukup bagus. Periksa untuk melihat apakah ada alat dekripsi ransomware ini yang dapat membantu Anda.

Gunakan alat bawaan di Windows

Microsoft juga menawarkan alat untuk membantu Anda memulihkan data yang hilang. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengembalikan file yang terhapus dari cadangan.

Berikut cara mengaktifkan cadangan Windows untuk memulihkan data yang terhapus:

  1. Cari dan luncurkan Panel Kontrol.
  2. Pilih Sistem dan Keamanan dari daftar pilihan yang tersedia, lalu Cadangkan dan Pulihkan.
  3. Mengklik “Pilih cadangan lain untuk memulihkan file dari” menampilkan kotak dialog pemulihan cadangan.
  4. Jika Anda telah membuat cadangan Windows Anda, itu akan muncul di sini dan Anda dapat mengkliknya untuk mengaktifkannya.

Ancaman malware dan serangan virus akan menjadi masalah besar di tahun-tahun mendatang. Satu-satunya cara untuk aman adalah dengan waspada terhadap apa yang kita lihat di internet dan disk yang kita sambungkan ke komputer kita.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar