Cara Mudah Mengubah List Separator pada Fungsi di Excel

bardimin pic

Bardimin

17 Oktober 2022
excel list separator

Cara Mudah Mengubah List Separator pada Fungsi di Excel

Home » Blog » Software » Ms Excel » Cara Mudah Mengubah List Separator pada Fungsi di Excel

Anda dapat mengubah List Separator pada menggunakan titik koma (;) atau koma (,) melalui Region .

Formula pada adalah ekspresi yang memanipulasi nilai dalam sel atau rentang sel. Seperti rumus =A1+A2+A3+A4, yang menghitung jumlah nilai dalam sel A1 hingga A4.

Sedangkan Fungsi adalah formula yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh fungsi =SUM(A1:A4), fungsi ini akan menjumlahkan nilai pada rentang sel A1 sampai dengan A4.

Agar berfungsi dengan benar, suatu fungsi harus ditulis dengan cara tertentu, yang disebut sintaks. Sintaks dasar untuk suatu fungsi adalah tanda sama dengan (=), nama fungsi (SUM, misalnya), dan satu atau lebih argumen. Argumen berisi informasi yang ingin Anda hitung. Fungsi dalam contoh di bawah ini akan menambahkan nilai rentang sel A1:A4.

Fungsi dengan Multiple Argumen

Argumen harus dibungkus dalam tanda kurung dan dapat merujuk ke sel dan rentang sel tertentu. Bergantung pada sintaks yang diperlukan untuk fungsi tersebut, Anda dapat memberikan satu parameter atau lebih banyak argumen.

excel list separator

Multiple argumen harus dipisahkan dengan ”List Separator”. Sebagai contoh, fungsi SUM dengan tiga argumen “=SUM(A1:A6,C1:C4,E1:E2)” seperti pada gambar di atas.

List Separator pada Fungsi di Excel

Secara default, menggunakan “List Separator” yang telah ditentukan pada Region di .

Excel versi bahasa Inggris AS menggunakan koma (,) untuk pemisah daftar secara default, sementara versi internasional lainnya mungkin menggunakan titik koma (;).

Jika Anda mencoba menggunakan “List Separator” yang tidak sesuai dengan pengaturan Region, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan seperti ini:

excel wrong list separator

Ubah List Separator Excel melalui Regional Setting

Untuk mengubah List Separator pada Excel dapat anda lakukan melalui .

  1. Buka “Control Panel”. Anda bisa membukanya melalui tombol Start Windows dan pada kotak pencarian ketikan “control panel”.
open control panel
  1. Kemudian pada “Clock and Region”, klik link di bawahnya “Change date, time, or number formats”.
control panel change date time format
  1. Selanjutnya akan terbuka jendela “Region”. Klik tombol “Additional ”.
region additional settings
  1. Kemudian pada kotak dialog “Customize Format”, pilih tab “Numbers”. Pada bidang “List separator”, ketikan tanda titik koma (;) atau koma (,) seperti yang anda inginkan. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
customize format list separator
link nyemin

Artikel Terbaru

Cara Membuat dan Menyimpan Grup Tab di Google Chrome

Cara Membuat dan Menyimpan Grup Tab di Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser web terpopuler di dunia, dengan fitur-fitur canggih yang membuat pengalaman berselancar lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu fitur yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Google adalah grup tab, yang memungkinkan Anda...

Apa itu Memory Leak dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa itu Memory Leak dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Memory leak adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengembang perangkat lunak, terutama yang menggunakan bahasa pemrograman seperti C dan C++. Memory leak terjadi ketika sebuah program mengalokasikan memori dari heap, tetapi tidak membebaskannya...

Cara Membuat Password yang Kuat dan Mudah Diingat

Cara Membuat Password yang Kuat dan Mudah Diingat

Password adalah kunci untuk mengakses akun online Anda, baik itu email, media sosial, perbankan, atau lainnya. Password yang kuat dan aman akan melindungi akun Anda dari serangan hacker, pencurian identitas, atau penyalahgunaan data. Namun, password yang kuat juga...

Cara Menemukan dan Memperbaiki Packet Loss pada Windows

Cara Menemukan dan Memperbaiki Packet Loss pada Windows

Packet Loss adalah masalah yang serius yang dapat berdampak negatif pada berbagai aplikasi dan layanan. Penting untuk mengetahui cara menguji dan memperbaiki Packet Loss untuk memastikan bahwa Anda memiliki koneksi yang stabil dan andal. Packet loss adalah istilah...

LACP vs PAgP: Apa Perbedaan dan Hubungannya?

LACP vs PAgP: Apa Perbedaan dan Hubungannya?

LACP (Link Aggregation Control Protocol) dan PAgP (Port Aggregation Protocol) adalah dua protokol yang digunakan untuk menggabungkan beberapa port fisik menjadi satu port logis, yang disebut sebagai link aggregation atau port channel. Tujuan dari link aggregation...