Cara Memperbaiki Error 0x80010135 “Path too long” di Windows 11

12 Oktober 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Memperbaiki Error 0x80010135 “Path too long” di Windows 11

Path adalah sekelompok karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi file atau folder.

secara default hanya dapat menggunakan “path” dengan panjang maksimal 260 karakter (termasuk nama folder lengkap dan nama file).

Batasan ini akan menyebabkan anda tidak dapat mengakses file dengan path lebih dari 260 karakter. Seperti jika anda ingin mengekstrak file zip yang di dalamnya banyak folder di dalam folder atau banyak file yang menggunakan nama yang panjang, anda akan mendapati “Error 0x80010135 Path too long”.

Path to long

Kemungkinan penyebab error tersebut adalah:

TOP TUTORIALS:  Cisco Packet Tracer 8.2.0 - Akademi Jaringan Cisco

Error Path too long dapat anda perbaiki dengan mengaktifkan NTFS atau Win32 Long Paths di . Anda dapat mengaktifkannya melalui:

Memperbaiki Error “Path too long” melalui Group Policy Editor

  1. Buka “Local ”. Anda bisa membukanya dengan menggunakan tombol keyboard (WIN + R), kemudian ketikan “gpedit.msc”. Klik tombol “OK”.
open gpedit
  1. Selanjutnya, arahkan ke “Computer Configuration >> Administrative Templates >> System >> Filesystem”. Pada bagian kanan panel, double klik “Enable Win32 Long paths” untuk mengkonfigurasinya.
gpedit long path
  1. Kemudian pilih “Enabled” dan klik tombol OK untuk menyimpannya.

Memperbaiki Error “Path too long” melalui Registry Editor

  1. Buka “ Editor”. Anda bisa membukanya dengan menggunakan tombol keyboard (WIN + R), kemudian ketikan “regedit”. Klik tombol “OK”.
  2. Selanjutnya, arahkan ke “HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CurrentControlSet >> Control >> FileSystem”.
  3. Pada bagian kanan panel, cari key dengan nama “LongPathsEnabled”. Jika key tersebut belum ada, buat key tersebut dengan cara klik kanan pada area kosong dan pilih “New >> DWORD (32-bit) Value”. Kemudian beri nama key tersebut dengan nama “LongPathsEnabled”.
TOP TUTORIALS:  Router Default Passwords – Aplikasi untuk mendapatkan IP dan Password Router
regedit Path to long
  1. Kemudian klik kanan key tersebut dan pilih “Modify”. Selanjutnya ubah “Value data:” ke “1”. Klik tombol OK untuk menyimpan.
  2. Restart komputer untuk melihat hasilnya.

Memperbaiki Error “Path too long” ketika mengekstrak file zip

File arsip dengan tipe Zip, RAR, Unix Tar, dan CAB adalah yang paling populer digunakan oleh pengguna . Arsip adalah file yang berisi satu atau lebih file data. Karena penyimpanan dan mobilitasnya yang lebih baik, jenis file ini, juga dikenal sebagai folder terkompresi, berguna untuk mentransfer dan mendistribusikan beberapa file dan menghemat ruang.

TOP TUTORIALS:  File Sharing – NTFS Permissions vs Share Permissions

Jika anda mendapatkan pesan kesalahan “Error 0x80010135 Path too long” pada saat mengekstraknya, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah adanya file dengan nama yang terlalu panjang di dalam file zip tersebut sehingga panjang karakter “path” melebihi 260 karakter.

Pada , anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan pihak ketika seperti 7zip, WinZIP atau WinRAR untuk mengekstraknya.

0 Komentar

Kirim Komentar