Cara Menonaktifkan Virtualization Based Security (VBS) untuk Meningkatkan Kecepatan Windows 11

bardimin pic

Ditulis oleh Bardimin

Tanggal 20 Maret 2023
Home » Blog » Windows » Troubleshooting » Cara Menonaktifkan Virtualization Based Security (VBS) untuk Meningkatkan Kecepatan Windows 11

Jika Anda telah men-tweak setiap aspek komputer 11 Anda dan masih belum mendapatkan kecepatan yang tinggi, coba nonaktifkan VBS. Menonaktifkan VBS telah terbukti berdampak pada kecepatan 11. Jadi, jika Anda seorang gamer dan ingin melihat apakah ini meningkatkan efisiensi game, artikel ini mungkin menarik.

Virtualization Based Security (VBS) di Windows 11 adalah fitur keamanan yang memanfaatkan teknologi virtualisasi hardware untuk mengisolasi dan menjaga integritasnya. Fitur ini menyediakan lapisan keamanan tambahan di atas sistem operasi yang terpasang dan membantu melindungi dari serangan berbasis firmware dan .

Dalam VBS, sistem operasi yang terpasang berjalan di dalam mesin virtual, yang disebut dengan Virtual Secure Mode (VSM). VSM berjalan pada mode terisolasi yang tidak memungkinkan interaksi langsung dengan sistem operasi dan aplikasi. Fitur ini dapat melindungi data sensitif dan kunci enkripsi, mencegah serangan dari rootkit dan malware, serta memastikan bahwa sistem operasi berjalan dalam lingkungan keamanan yang kuat.

Fitur VBS di Windows 11

Beberapa fitur keamanan yang disediakan oleh VBS di Windows 11 antara lain:

  1. Credential Guard: melindungi kredensial pengguna dengan menyimpannya di dalam VSM yang terisolasi dari sistem operasi.
  2. Device Guard: memastikan bahwa hanya aplikasi yang telah diverifikasi dan ditandatangani oleh Microsoft atau administrator yang dapat dijalankan.
  3. Application Guard: membantu mencegah serangan dari malware dan phising pada browser dengan menjalankan browser dalam mesin virtual yang terisolasi.
  4. Hypervisor-protected code integrity (HVCI): melindungi dari perubahan oleh malware dan rootkit.

Dampak VBS terhadap Kinerja PC

Secara umum, penggunaan Virtualization Based Security (VBS) di Windows 11 tidak memiliki efek negatif yang signifikan. Namun, beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah:

  1. Kinerja sistem: Karena VBS menjalankan mesin virtual yang terisolasi untuk menjaga keamanan, ini bisa menambah beban pada sistem. Meskipun VBS dirancang untuk bekerja secara efisien, ada kemungkinan terjadi sedikit penurunan kinerja sistem pada beberapa kasus.
  2. Keterbatasan perangkat keras: VBS membutuhkan dukungan perangkat keras virtualisasi yang memadai pada dan . Jika perangkat keras tidak mendukung teknologi virtualisasi atau tidak cukup kuat, VBS mungkin tidak dapat diaktifkan.
  3. Kompatibilitas aplikasi: VBS mungkin tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi yang menggunakan teknologi virtualisasi sendiri. Pengguna harus memastikan bahwa aplikasi yang mereka gunakan tidak akan terpengaruh oleh VBS sebelum mengaktifkannya.
  4. yang kompleks: VBS membutuhkan pengaturan tambahan dan administrasi yang lebih kompleks dibandingkan dengan pengaturan keamanan standar di Windows 11. Pengguna yang tidak terbiasa dengan konfigurasi keamanan mungkin perlu mempelajari lebih lanjut sebelum mengaktifkan VBS.

Penggunaan Virtualization Based Security (VBS) di Windows 11 dapat memengaruhi performa gaming, terutama jika game membutuhkan akses langsung ke perangkat keras seperti kartu grafis atau memerlukan akses kernel yang lebih tinggi.

VBS menjalankan mesin virtual yang terisolasi dan membatasi akses langsung ke perangkat keras, sehingga dapat menambah overhead dan memperlambat kinerja sistem. Dalam beberapa kasus, ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja dalam game dan membuatnya lebih lambat.

Namun, tidak semua game akan terpengaruh oleh VBS. Beberapa game mungkin tidak memerlukan akses langsung ke perangkat keras atau memerlukan akses kernel yang lebih rendah. Game-game ini mungkin masih dapat berjalan dengan lancar pada sistem dengan VBS diaktifkan.

Meskipun ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, manfaat keamanan yang diberikan oleh VBS biasanya jauh lebih besar daripada kerugian potensial yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, banyak organisasi dan pengguna yang memilih untuk mengaktifkan VBS di Windows 11 untuk meningkatkan keamanan sistem mereka.

Mengecek Status VBS di Windows 11

Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk memeriksa status Virtualization Based Security (VBS) di Windows 11:

vbs status

1. Melalui menu System Information (Informasi Sistem):

  1. Buka menu Start dan ketik “System Information” pada kolom pencarian, lalu klik aplikasi System Information yang muncul di hasil pencarian.
  2. Pada jendela System Information, klik pada kategori System Summary di sebelah kiri jendela.
  3. Di bagian kanan jendela, periksa apakah terdapat informasi “Virtualization-based security” dan statusnya tertera “Running” atau “Not running”.

2. Melalui Command Prompt:

  1. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” pada kolom pencarian Start, lalu klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  2. Ketik perintah ini dan tekan enter pada keyboard.
systeminfo
  1. Cari bagian “Virtualization-based security enabled” pada hasil output perintah. Jika statusnya “Yes”, artinya VBS telah diaktifkan.

3. Melalui PowerShell:

  1. Buka PowerShell dengan cara mengetik “PowerShell” pada kolom pencarian Start, lalu klik kanan pada aplikasi PowerShell dan pilih “Run as administrator”.
  2. Ketik perintah berikut ini dan tekan enter pada keyboard.
Get-CimInstance -ClassName "Win32_DeviceGuard" | Select-Object SecurityServicesRunning
  1. Jika hasil output perintah menampilkan nilai “CredentialGuard, DeviceGuard, VirtualSecureMode”, artinya VBS telah diaktifkan

Cara Menonaktifkan VBS di Windows 11

Virtualization Based Security (VBS) dapat dinonaktifkan pada Windows 11 melalui pengaturan keamanan Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan VBS di Windows 11:

  1. Buka “Settings” dengan cara menekan tombol keyboard (WIN + I) pada keyboard.
  2. Pilih “Privacy & Security > Windows Security“.
  3. Pada panel sebelah kanan, klik tombol “Open Windows Security”.
vbs Open Windows Security
  1. Pada jendela baru yang terbuka, pilih “Device Security”.
  2. Kemudian pada panel sebelah kanan, klik link “Core isolation details” pada bagian “Core isolation”.
  3. Selanjutnya pada bagian “Memory integrity”, geser tombol switch ke kiri untuk mematikan.
vbs memory integrity
  1. Setelah Anda matikan, mungkin akan muncul pesan peringatan bahwa menonaktifkan VBS dapat mempengaruhi keamanan sistem, pilih “Yes” untuk melanjutkan.
  2. Restart sistem Anda untuk mengaktifkan perubahan.

Cara Menonaktifkan VBS di Windows 11 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” pada kolom pencarian Start, lalu klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  2. Ketik perintah berikut ini dan tekan enter pada keyboard.
bcdedit /set hypervisorlaunchtype off

Cara Menonaktifkan VBS di Windows 11 melalui Group Policy Editor

  1. Tekan tombol keyboard (Win + R) dan ketikkan “gpedit.msc”. Kemudian klik tombol OK untuk membuka Group Policy Editor.
  2. Kemudian arahkan ke “Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > System > Device Guard”.
Policy Turn On Virtualization Based Security
  1. Pada panel sebelah kanan, klik dua kali “Turn On Virtualization Based Security”.
  2. Selanjutnya pada kotak dialog, pilih “Disabled” untuk menonaktifkan.
  3. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  4. Restart komputer Anda.

Artikel Terbaru

Urutan Proses Boot Windows Dari Nol Hingga Siap

Urutan Proses Boot Windows Dari Nol Hingga Siap

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana sebenarnya proses boot Windows terjadi? Proses apa saja yang terjadi di latar belakang ketika Anda menekan tombol daya hingga Windows siap Anda gunakan? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, Bardimin...

Redirect dan Blokir URL dengan File HOSTS di Windows

Redirect dan Blokir URL dengan File HOSTS di Windows

Redirect dan Blokir URL dapat Anda lakukan dengan mudah di Windows. Hanya dengan menambahkan IP sebuah website, Anda dapat mengalihkan atau memblokirnya. Tentu ini sangat berguna untuk membatasi akses pegawai atau anak Anda dari mengakses situs web yang tidak Anda...

Cara Membuat File Palsu dari Berbagai Ukuran di Windows

Cara Membuat File Palsu dari Berbagai Ukuran di Windows

Anda membutuhkan file dengan ukuran 10 MB, 100 MB, 1 GB atau 1 TB untuk melakukan pengujian? Ikuti artikel berikut ini untuk membuatnya secara instan. Anda tidak perlu mengunduh file atau membuang waktu untuk mencari file yang besar, Anda bisa membuatnya dengan mudah....

10 Penyebab PC Windows crash yang harus Anda ketahui

10 Penyebab PC Windows crash yang harus Anda ketahui

Kesalahan fatal akan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil atau sibuk. PC Windows Anda akan sering menampilkan Blue Screen of Death (BSOD). Apakah Anda sering mengalaminya? Komputer yang sering macet cukup mengganggu bagi semua pengguna, terutama ketika Anda sedang...