Cara Memperbaiki Error Windows 11 selama Instal dan Upgrade

21 Desember 2022

Home » Blog » Windows » Troubleshooting » Cara Memperbaiki Error Windows 11 selama Instal dan Upgrade

Anda gagal menginstal atau memutakhirkan 11? Berikut ini cara mudah untuk memperbaiki masalah dengan memahami pesan kode kesalahan penginstalan 11 yang paling sering terjadi.

Instalasi seringkali merupakan prosedur yang cukup sederhana dengan sedikit masalah. Meskipun demikian, banyak konsumen yang kesulitan menginstal 11 di perangkat mereka.

Saat menginstal sistem operasi Windows baru, seperti Windows 11, masalah “ Windows 11 installation has failed” sering terjadi. Pesan masalah pemutakhiran atau penginstalan Windows 11 dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi sebagian besar dapat diselesaikan sendiri dengan beberapa langkah sederhana.

Selain itu, Windows sering memberi Anda kode kesalahan setiap kali Anda mengalami masalah, yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi masalah dengan cepat dan memperbaikinya. Perlu anda ketahui, sistem operasi mungkin tidak selalu memberi Anda kode kesalahan.

Penginstalan Windows 11 dapat terhenti oleh masalah yang tidak teridentifikasi, di mana mesin menampilkan pesan kesalahan yang memberi tahu pengguna Windows bahwa penginstalan OS Windows telah gagal.

Bagaimana cara memperbaiki instalasi Windows 11 yang gagal?

Anda mungkin tidak dapat menginstal Windows 11 di PC karena sejumlah alasan. Anda dapat mencoba metode berikut untuk mengatasi kesalahan penginstalan dan pemutakhiran:

1. Putuskan sambungan semua hard disk eksternal dari komputer Anda.

Cabut semua perangkat keras yang tidak diperlukan, seperti eksternal, , speaker, , pemindai, dan headphone.

TOP TUTORIALS:  Cara Menambah atau Menghapus Microsoft Print to PDF

2. Update Windows

Sebelum mencoba memutakhirkan Windows, ada baiknya memastikan bahwa semua pembaruan penting telah diperbarui, termasuk pembaruan perangkat keras perangkat.

3. Hapus program antivirus non-Microsoft

Selama pembaruan, lindungi perangkat Anda dengan Windows Defender karena perangkat lunak antivirus non-Microsoft terkadang dapat menimbulkan masalah. Anda selalu dapat menginstal ulang program setelah upgrade, asalkan Anda memiliki disk instalasi dan data aktivasi yang diperlukan.

Buka “ > Programs > Programs and Features” untuk menghapus instalan program antivirus. Pilih Uninstall setelah memilih aplikasi. Untuk mengonfirmasi, klik Ya.

4. Hapus perangkat lunak yang tidak perlu

Menghapus aplikasi yang kedaluwarsa atau tidak perlu dapat membantu karena perangkat lunak yang kedaluwarsa dapat mengganggu pembaruan Windows.

Pastikan Anda memiliki disk penginstalan dan informasi aktivasi yang diperlukan sebelum menghapus instalan aplikasi jika Anda ingin menginstalnya kembali nanti.

5. Kosongkan ruang disk

Anda harus memiliki ruang yang cukup pada Anda untuk penginstalan agar dapat memperbarui ke Windows 11.

Kode Error Instalasi Windows 11

Jika Windows memberi Anda kode kesalahan pada layar, gunakan daftar berikut ini untuk mengetahui dengan tepat apa yang salah dan menghentikan penginstalan sistem operasi di mesin Anda.

Error 0xC1900101

Kode kesalahan yang dimulai dengan 0xC1900101 sering merujuk pada masalah . Coba tindakan berikut terlebih dahulu untuk menyelesaikan masalah jika Anda melihat salah satu dari kode kesalahan ini.

  1. Pastikan ada ruang yang memadai di perangkat Anda. Untuk memperbarui OS 32-bit di perangkat, Anda memerlukan setidaknya 16 GB ruang kosong, atau 20 GB untuk OS 64-bit.
  2. Lakukan Pembaruan Windows. Pembaruan apa pun yang tersedia di Pembaruan Windows, termasuk sebagai pembaruan perangkat lunak, peningkatan perangkat keras, dan beberapa driver pihak ketiga, harus diunduh dan diinstal.
  3. Periksa pembaruan di driver pihak ketiga. Untuk perangkat keras tambahan apa pun yang Anda tambahkan ke perangkat Anda, Anda dapat menemukan driver pihak ketiga dan panduan pemasangan di situs web produsen.
  4. Matikan semua peralatan tambahan. Lepas semua dan semua dok yang terpasang, drive eksternal, perangkat penyimpanan, dan peralatan lain yang tidak diperlukan untuk operasi dasar perangkat.
  5. Cari kesalahan di Device Manager. Cari perangkat apa pun dengan tanda seru berwarna kuning di sebelahnya di jendela yang muncul (Anda mungkin harus memilih setiap kategori untuk beralih ke daftar perangkat).
  6. Hapus semua program keamanan lainnya. Pastikan Anda terbiasa dengan prosedur penginstalan ulang program dan memiliki semua kunci produk yang diperlukan. Sementara itu, Windows Defender akan mendukung keamanan perangkat.
  7. Memperbaiki masalah . Gunakan perintah ”chkdsk/f C:” pada Command Prompt untuk memperbaiki .
  8. Lakukan restart baru Windows.
  9. Mengembalikan dan memperbaiki file sistem. Gunakan perintah ”.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth” pada Command Prompt untuk memperbaiki.
TOP TUTORIALS:  Cara Menggunakan VoidCallback dan Function(x) Callbacks untuk Berkomunikasi Antar Widget di Flutter

Error 0xc1900223

Ada masalah dengan pengunduhan dan penginstalan pembaruan yang dipilih. Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun saat ini. Pembaruan Windows akan mencobanya lagi nanti.

Error 0xC1900208 – 0x4000C

PC Anda menginstal program yang tidak kompatibel yang mencegah penyelesaian pemutakhiran. Coba lagi pemutakhiran setelah memastikan semua program yang tidak kompatibel telah dihapus.

Error 0xC1900107

Pembaruan tidak dapat dilanjutkan hingga sistem dimulai ulang karena prosedur pembersihan dari upaya penginstalan sebelumnya masih dalam proses. Jalankan penyiapan sekali lagi setelah memulai ulang perangkat. Gunakan alat untuk menghapus file sementara dan file Sistem jika memulai ulang perangkat tidak menyelesaikan masalah.

Error 0x80073712

Pembaruan Windows mungkin membutuhkan file yang rusak atau hilang. Gunakan perintah ”.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth” pada Command Prompt untuk memperbaiki.

Error 0xC1900200 – 0x20008 dan Error 0xC1900202 – 0x20008

PC Anda tidak memenuhi persyaratan minimum untuk mengunduh atau menginstal pemutakhiran ke Windows 11.

Error 0x800F0923

Driver atau perangkat lunak lain di komputer Anda tidak kompatibel dengan pembaruan Windows 11.

Error 0x80200056

Ini mungkin menunjukkan bahwa Anda secara tidak sengaja me-reboot komputer Anda atau keluar darinya, yang akan menghentikan proses pemutakhiran. Coba lagi pemutakhiran, dan pastikan komputer Anda selalu terhubung dan dihidupkan.

Error 0x800F0922

Komputer Anda tidak dapat tersambung ke server Windows Update.

Partisi Cadangan Sistem tidak memiliki cukup ruang kosong. Meningkatkan ukuran partisi Cadangan Sistem dengan aplikasi pihak ketiga dapat mengatasi masalah ini.

TOP TUTORIALS:  Cara Mudah Menghapus Bloatware Dari Windows 10 (100% Berhasil)

Error 0x80070070 – 0x50011, Error 0x80070070 – 0x50012 dan Error 0x80070070 – 0x60000

Ini kemungkinan besar tidak ada cukup ruang kosong di PC Anda untuk menginstal pemutakhiran. Coba lagi setelah mengosongkan sebagian ruang pada disk.

Error 0x80300024

Disk, partisi, atau volume tujuan tidak mendukung operasi disk yang diminta. Pastikan komputer Anda memenuhi persyaratan sistem sebelum menginstal Windows.

Error 0x80070002 0x20009

Sistem tidak dapat menemukan berkas yang dicari. Hapus semua disk tempat Anda tidak menginstal Windows 11 jika ada.

Error 0xC1900101 0x20017 dan Error 0xC1900101 0x30017

Masalah ini disebabkan oleh driver. Matikan atau hapus semua perangkat lunak antivirus dan antispyware dari pihak ketiga. Kecuali , keyboard, dan monitor, cabut semua perangkat periferal dari sistem.

Error 0x8007042B 0x4000D

Penghentian tak terduga dari Setup Windows disebabkan oleh proses latar belakang. Beberapa layanan dan aplikasi diluncurkan secara otomatis saat Anda memulai Windows menggunakan metode mulai biasa dan terus berfungsi di latar belakang.

Aplikasi ini mencakup operasi sistem dasar, perangkat lunak antivirus, alat utilitas sistem, dan perangkat lunak lain yang diinstal sebelumnya. Saat Anda mencoba memutakhirkan ke versi terbaru Windows 11, program dan layanan tertentu mungkin mengganggu.

Error 0x800700B7 0x2000a

Penghentian tak terduga dari Setup Windows disebabkan oleh proses latar belakang. Copot pemasangan perangkat lunak antivirus atau antispyware.

Pesan Error Instalasi Windows 11

Pesan Error “We couldn’t complete the updates. Undoing changes. Don’t turn off your computer” dan “Failure configuring Windows Updates. Reverting changes”.

Ini adalah masalah standar yang mungkin muncul setiap kali pembaruan Windows gagal. Untuk memutuskan cara paling efektif untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengidentifikasi kode kesalahan yang tepat.

Melihat riwayat pembaruan Anda akan memungkinkan Anda menemukan kode kesalahan untuk pembaruan yang gagal.

Pesan Error “The update isn’t applicable to your computer”.

Masalah ini mungkin menunjukkan bahwa pemutakhiran yang diperlukan tidak diinstal di komputer Anda. Sebelum Anda mencoba memutakhirkan, periksa apakah PC Anda telah memuat semua pembaruan yang diperlukan.

Artikel Terkait 

0 Komentar

Kirim Komentar