Cara Mengubah Nomor Port Remote Desktop (RDP) di Windows 11 untuk Meningkatkan Keamanan

19 Agustus 2022

Home » Blog » Windows » Tips dan Trik » Cara Mengubah Nomor Port Remote Desktop (RDP) di Windows 11 untuk Meningkatkan Keamanan

Remote Protocol () adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke komputer lain melalui koneksi jaringan menggunakan antarmuka .

Perangkat lunak Remote Desktop dapat menggunakan beberapa protokol yang berbeda, termasuk , Arsitektur Komputasi Independen (ICA), dan komputasi jaringan virtual (VNC), tetapi adalah protokol yang paling umum digunakan.

Protokol Remote (RDP) yang menggunakan Terminal Server dan Terminal Server Client untuk berkomunikasi. RDP dienkapsulasi dan dienkripsi dalam .

TOP TUTORIALS:  Cara Instal Chrome OS di Mesin Virtual VMWare

Keuntungan Mengubah Nomor Port RDP

Karena port “3389” adalah port default universal untuk Protokol RDP, penyerang yang berusaha menyusup ke sistem Anda melalui Remote akan tahu persis di mana harus mencari, terutama jika PC host Remote Anda terhubung ke Internet.

Jika Anda mengubah port ini, mungkin akan mempersulit penyerang untuk menyusup dengan melakukan eksploitasi port RDP. Dengan mengubah nomor port RDP, penyerang harus memindai semua port untuk menemukan port RDP yang anda gunakan.

Mengubah nomor port ini tidak menjamin PC anda akan aman dari serangan melalui port RDP, akan tetapi akan menambah tingkat kesulitan untuk membobol PC anda. Aktifkan juga fitur keamanan yang lain, seperti antivirus, dan lain-lainnya.

TOP TUTORIALS:  Cara Menggunakan Power User Menu untuk Meningkatkan Produktivitas di Windows 11

Cara Mengubah Port RDP Windows 11

  1. Buka “”. Anda bisa membukanya dengan mengklik tombol Start dan kemudian ketikkan “regedit” pada kotak pencarian.
registry editor open
  1. Pada jendela yang terbuka, arahkan ke
Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\WinStations\RDP-Tcp
registry editor change port number
  1. Selanjutnya pada bagian sebelah kanan jendela, cari key “PortNumber”. Kemudian edit nilanya dengan cara double klik atau klik kanan dan pilih opsi “Modify”.
  2. Setelah itu akan tampil jendela pop-up untuk mengedit nilainya. Pilih “Decimal” untuk menampilkan port dalam format angka decimal. Kemudian masukkan nomor port yang anda inginkan pada “Value data”. Anda bisa menggunakan nomor port hingga nomor 65535. Dan jangan menggunakan nomor port yang secara default digunakan oleh sistem operasi. Kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan dan tutup .
TOP TUTORIALS:  Cara Membuat dan Mengatur “Akun Tamu” untuk Berbagi PC Windows 11 dengan Aman
registry editor change portnumber
  1. Selanjutnya restart PC anda untuk menerapkan semua perubahan tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar