Cara Mengganti Wallpaper Lock Screen di Windows 11

Windows 11 memiliki Lock Screen yang rapi dan minimalis. Lock Screen menampilkan wallpaper sebagai latar belakang, jam tanggal dan beberapa hal penting lainnya. Anda bisa mengatur Lock Screen sesuai dengan kebutuhan anda seperti mengganti wallpaper dan status.

Lock Screen pada Windows 11 akan tampil setiap kali anda membiarkan komputer menganggur selama jangka waktu tertentu atau ketika anda menghidupkan komputer.

Mengganti Gambar Lock Screen Windows 11

  1. Buka “Setting” dengan menekan tombol keyboard (Win + I)’
  2. Setelah jendela Setting terbuka, klik “Personalization > Lock screen”.
lock-screen
  1. Selanjutnya pilih “Personalize your lock screen”, dan pada tombol dropdown klik untuk memilih menggunakan “Windows spotlight, Picture, Slideshow”.
TOP TUTORIALS:  Cara Menghapus Duplikat Di Excel
lock-screen-02
  • Windows spotlight: akan menampil gambar fotografi secara otomatis dengan mengunduhnya dari internet. Windows Spotlight akan memperbaharui gambar setiap hari dari seluruh dunia dan juga menampilkan saran atau tip dan trik untuk mendapatkan hasil secara maksimal dalam menggunakan Windows. Jika anda jarang terhubung dengan internet, gambar yang tampil tidak akan berubah.
  • Picture: akan menampilkan gambar yang anda pilih. Anda bisa memilih gambar default dari Windows atau memilih untuk menggunakan gambar anda sendiri dengan mengklik tombol “Browse photos”.
TOP TUTORIALS:  [Tested] Cara Install Kali Linux di Windows 10
lock-screen-03
  • Slideshow: akan menampilkan koleksi foto anda yang tersimpan dalam sebuah folder dan menampilkannya secara bergantian. Untuk menambahkan folder ke dalam koleksi yang akan ditampilkan klik tombol “Browse” dan untuk menghapusnya klik tombol “Remove”. Selain itu anda bisa mengaturnya lebih lanjut dengan mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan pada “Advanced slideshow setting”.
lock-screen-04

Jika Anda memilih Windows spotlight untuk Lock Screen, Anda dapat menguji apakah sudah berfungsi dengan benar atau belum dengan menekan tombol (Win + L) pada keyboard untuk mengunci perangkat Anda. Gambar dari Windows spotlight harusnya akan muncul pada Lock Screen.

TOP TUTORIALS:  Password Modem Huawei Indihome Terbaru

Jika tidak tampil, periksa apakah “Show lock screen background picture on the sign-in screen” sudah aktif.

Mengatur notifikasi pada Lock Screen Windows 11

Untuk mengatur notifikasi yang tampil pada Lock Screen, pilih “Lock screen status”.  Kemudian klik tombol dropdown untuk melihat pilihan yang tersedia. Pilihan yang tersedia mungkin akan berbeda untuk tiap komputer, karena widget yang terinstal belum tentu sama. Anda bisa memilih “Mail, Weather, Calendar” atau yang lainnya. Jika anda ingin pilihan “Weather” tersedia, anda harus menginstal widget dari “Weather” dari Microsoft Store. Demikian juga untuk pilihan yang lainnya.

lock-screen-05