Cara Downgrade Windows 11 ke Windows 10

Windows 11 hadir dengan tampilan baru yang lebih segar dan memiliki fitur baru yang membuatnya tampak lebih modern dan elegan. Dengan berbagai macam perubahan yang ditawarkan di Windows 11, tentu membuat anda penasaran untuk mencobanya.

Microsoft menyediakan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 secara gratis. Bagaimana cara melakukan upgrade? Anda bisa melihatnya pada Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 dengan Gratis.

Seperti pada umumnya, sistem operasi pada versi awal akan memiliki banyak bug dan gangguan. Demikian juga yang terjadi pada Windows 11. Jika anda tidak puas dengan Windows 11 dan ingin kembali ke Windows 10, anda masih bisa melakukannya.

TOP TUTORIALS:  Cara Cek Nomor Indosat dengan Cepat

Ketika anda melakukan upgrade ke Windows 11, sebenarnya salinan dari Windows 10 masih berada di PC anda selama 10 hari. Selama rentang waktu tersebut anda masih bisa melakukan downgrade ke Windows 10.

Bagaimana cara melakukan downgrade dari Windows 11 ke Windows 10?

Cara Downgrade Dari Windows 11 ke Windows 10 Dalam 10 Hari

  1. Buka “Setting” dengan menggunakan tombol (Win + I) pada keyboard.
  2. Kemudian pilih dan klik “System > Recovery”.
system recovery
  1. Pada opsi Recovery yang muncul, pilih dan klik “Go back”.
go back recovery
  1. Selanjutnya pada jendela yang muncul, pilih alasan anda untuk kembali ke versi sebelumnya. Dan klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
TOP TUTORIALS:  Nonaktifkan widget Windows 11 – Tingkatkan Performa Windows
why go back
  1. Kemudian pilih dan klik tombol “No, thanks”, karena akan kembali ke Windows 10.
go back check update
  1. Setelah itu, pilih dan klik tombol “Next” untuk setiap jendela konfirmasi yang muncul untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Dan langkah terakhir anda akan diminta konfirmasi untuk kembali ke versi sebelumnya. Pada tahap ini, pastikan file data-data penting telah anda backup untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan terjadi.
    Kemudian klik tombol “Go back to Windows 10” untuk kembali.
go back windows 10

PC akan restart beberapa kali selama proses downgrade ke Windows 10. Tunggu sampai semua proses selesai. Setelah proses selesai anda akan kembali ke Windows 10.

TOP TUTORIALS:  Cara Install Yii2 Advanced via Composer

Cara Downgrade Dari Windows 11 ke Windows 10 setelah lewat 10 Hari

Jika sudah lebih dari 10 hari sejak anda melakukan upgrade ke Windows 11, cara downgrade ke Windows 10 di atas tidak akan bisa anda lakukan.

Untuk kembali ke Windows 10 anda harus melakukan “clean install”, artinya anda harus memulai instalasi ulang Windows 10 dari awal. Anda bisa menggunakan Media Creation Tool yang dapat anda download dari halaman Microsoft. Selanjutnya anda bisa membuat Windows 10 Installation Media dan mengikuti petunjuk yang tampil pada layar.